Strategi Regulasi Belajar Mandiri dan Penulisan Akademik Siswa Bahasa Inggris: Sebuah Ulasan
EFL Students’ Self-Regulated Learning Strategies and Academic Writing Performance: An Overview
Pengaturan mandiri telah menarik banyak perhatian dalam pembelajaran bahasa inggris sebagai bahasa asing. Telah diakui sebagai strategi, strategi belajar mandiri, menjadi bagian penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Komponen strategi belajar yang diatur sendiri sebagai kontibutor independen terhadap kinerja tugas keterampilan bahasa tertentu seperti menulis telah banyak didokumentasikan. Penelitian telah membuktikan bahwa strategi belajar yang diatur sendiri sebagai alat yang memberikan asisten penting bagi kinerja menulis peserta didik. Selama proses penulisan, SRL akan mengaktifkan dan mempertahankan aspek, kognitif, metakognitif, dan perilaku sosial siswa. Strategi belajar yang diatur sendiri juga merupakan prediksi yang kuat untuk keberhasilan kinerja menulis siswa. Oleh karena itu, makalah ini berupaya untuk memberikan paparan tentang hubungan antara strategi belajar yang diatur sendiri dan kinerja menulis peserta didik apakah itu dapat mengarahkan mereka atau tidak. Saran untu penelitian di masa depan dan guru Bahasa Inggris atau dosen tentang bagaimana strategi belajar mandiri berinteraksi dengan kinerja siswa juga akan disediakan.
Kata kunci: strategi belajar yang diatur sendiri, Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, kinerja penulisan, perguruan tinggi.
Self regulatory strategies have attracted much attention in the field of language learning. Has been acknowledged as a strategy, self regulated learning strategies, becomes a sufficient tool in the learning of English as foreign language. The components of self regulated learning strategies as an independent contributor to task performance of certain language skills such as writing has been widely documented. Recent studies have proven that self regulated learning strategies manifest itself as a tool in which gives significant assistant for learners’ writing performance. During the process of writing, the SRLs will activate and sustain the students’ cognition, meta cognition, and socio behavioral aspects. SRLs also stand as a strong predictive to the success of students’ writing performance. Therefore, this paper attempts to provide an exposé of the relation between self regulated learning strategies and learners’ writing performance whether it can direct their performance or not. Suggestions for future research and English teacher or lecturer about how the components of SRLs interact with EFL’ writing performance will also be provided.
Keywords: SRL strategies, EFL, writing performance, higher education.