Salah satu keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21 adalah keterampilan komunikasi. Pada pembelajaran matematika siswa perlu mengembangkan kemampuan komunikasi. Kecerdasan merupakan salah satu faktor intern yang memengaruhi kemampuan komunikasi siswa. Terdapat dua tipe kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematis yaitu kecerdasan linguistik dan kecerdasan logis-matematis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh dekripsi tentang gambaran kemampuan komunikasi matematis siswa bertipe kecerdasan linguistik dan logis-matematis dalam menyelesaikan soal. Kemampuan komunikasi matematis yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kesanggupan dalam proses menyampaikan ide-ide matematika menggunakan simbol, istilah, atau notasi dalam menyelesaikan soal matematika secara lisan maupun tertulis yang dilihat dari aspek keakuratan, kelengkapan, dan kelancaran.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, dan wawancara. Pada tahap pengumpulan data kemampuan komunikasi matematis, data akan diuji keabsahannya dengan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kemampuan komunikasi matematis siswa bertipe kecerdasan linguistik dalam menyelesaikan soal adalah dapat menyampaikan ide-ide matematika menggunakan simbol, istilah, atau notasi dalam menyelesaikan soal matematika secara lisan maupun tertulis dengan lancar, namun tidak akurat dan tidak lengkap. Sedangkan profil kemampuan komunikasi matematis siswa bertipe kecerdasan logis-matematis dalam menyelesaikan soal adalah menyampaikan ide-ide matematika menggunakan simbol, istilah, atau notasi dalam menyelesaikan soal matematika secara lisan maupun tertulis dengan lengkap dan lancar, namun tidak akurat.
Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, Linguistik, dan Logis-matematis
One of the skills that is needed in the 21st century is communication skills. In mathematics learning, students need to develop communication skills. Intelligence is one of the internal factors that affects students' communication skills. There are two types of intelligence that related to mathematical communication skills, namely linguistic intelligence and logical-mathematical intelligence.
The purpose of this study is to describe of mathematical communication skills of linguistic and logical-mathematical students in solving task. Mathematical communication skills is the ability in the process of conveying mathematical ideas using symbols, terms, or notations in solving mathematical task verbally or in writing that are assessed from aspects of accuracy, completeness, and fluency.
This type of research is qualitative descriptive. The researcher used quantitative and qualitative data. Data collection techniques that be used are questionnaires, tests, and interviews. In the process of data collection on mathematical communication skills, the data will be tested for validity by using time triangulation.
The results showed that the mathematical communication ability profile of linguistic intelligence students in solving task is she can convey mathematical ideas using symbols, terms, or notations in solving mathematical task verbally or in writing fluently but inaccurately and not complete. While, the mathematical communication ability profile of logical-mathematical intelligence students in solving task is she can convey mathematical ideas using symbols, terms, or notations in solving mathematical task verbally or in writing completely and fluently but inaccurately.
Keywords: Mathematical communication ability, Linguistic, and Logical-mathematical