NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TARI KANG POTRO PONOROGO DAN RELEVANSINYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR
THE VALUE OF KANG POTRO PONOROGO DANCE CHARACTER EDUCATION AND THE RELEVANCE OF THE VALUE TO THE SOCIAL BEHAVIOR OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Pendidikan karakter dapat dilakukan melalui berbagai media salah satunya dengan media kesenian tanpa terkercuali yaitu seni tari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Tari Kang Potro Ponorogo dan relevansinya terhadap perilaku sosial siswa sekolah dasar. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode naratif. Dengan teknik ini, yang menjadi informan atau subjek dalam penelitian adalah: Pencipta Tari Kang Potro Ponorogo Bapak Shodig Pristiwanto dan guru kelas 5 SD Negeri 2 Bancangan Ponorogo sekaligus pelatih Tari Kang Potro Ibu Vivit Ari Yuwana. Sedangkan objek penelitiannya adalah Tari Kang Potro Ponorogo. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan informan sementara data sekunder diperoleh dari observasi, arsip serta dokumen. Triangulasi teknik dalam pengujian kredibilitas data dengan melakukan banding terhadap teknik yang digunakan untuk memperoleh data dari beberapa sumber yang sama. Digunakan analisis interaktif tiga komponen untuk analisis data pada penelitian ini. Tiga komponen meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Tari Kang Potro Ponorogo memuat nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat diterapkan dalam kehidupan. Nilai-nilai tersebut yaitu tanggungjawab, kejujuran dan amanah, hormat dan santun, tolong menolong dan gotong royong atau kerja sama, baik dan rendah hati, toleransi dan kesatuan. Nilai-nilai tersebut memiliki keterkaitan terhadap perilaku sosial siswa sekolah dasar. Relevansinya yaitu nilai-nilai tersebut bisa dikembangan untuk memperbaiki pola perilaku sosial pada siswa SD yang masih kurang yaitu pola perilaku kerja sama, empati dan dukungan sosial.
Character education can be carried out through various media, one of which is the art media without exception, namely the art of dance. The purpose of this study was to determine the values of character education contained in the Kang Potro Ponorogo Dance and their relevance to the social behavior of elementary school students. In this study, using a qualitative research approach with a narrative method. With this technique, the informants or subjects in the study are: Kang Potro Ponorogo dance creator Mr. Shodig Pristiwanto and grade 5 teacher at SD Negeri 2 Bancang Ponorogo as well as Kang Potro Dance coach, Mrs. Vivit Ari Yuwana. While the object of research is the Kang Potro Ponorogo Dance. Primary data is obtained from interviews with informants while secondary data is obtained from observations, archives and documents. Technique triangulation in testing the credibility of data by comparing the techniques used to obtain data from several of the same sources. Three-component interactive analysis was used for data analysis in this study. Three components include data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the Kang Potro Ponorogo Dance contains character education values that can be applied in life. These values are responsibility, honesty and trustworthiness, respect and courtesy, help and mutual cooperation, kindness and humility, tolerance and unity. These values are related to the social behavior of elementary school students. The relevance is that these values can be developed to improve social behavior patterns in elementary school students who are still lacking, namely patterns of cooperative behavior, empathy and social support.