EFFEK PENGGUNAAN WATTPAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DALAM MENULIS TEKS RECOUNT DI SMK
THE EFFECTIVENESS OF WATTPAD TO IMPROVE EFL LEARNERS WRITING SKILL IN WRITING RECOUNT TEXTS IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL
Di dalam ruang lingkup Pendidikan, penggunaan teknologi adalah salah satu cara baru untuk membantu guru dalam memberi ilmu. Teknologi juga bisa di sebut sebagai media, ini membantu siswa dalam menerima materi pembelajaran, serta menjadi lebih aktif dan kreatif. Salah satu teknologi ini yaitu Wattpad, Wattpad di kembangkan oleh Allen Lau dan Ivan Yuenn pada tahun 2006. Wattpad merupakan salah satu media terbesar untuk membaca dan menulis. Selayaknya penggunaan blog dan forum, Wattpad juga bisa digunakan untuk melatih keahlian menulis siswa. Sudah banyak peneliti yang melakukan penelitian tentang penggunaan teknologi untuk media pembelajaran menggunakan Wattpad. Mulai saat itu, Wattpad sering kali di gunakan untuk meningkatkan kehalian menulis dan membaca siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah Wattpad punya kontribusi dalam pengembangan kehalian menulis siswa atau tidak, dan ini hanya focus di penulisan teks Recount saja. Penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Sidoarjo, Jawa Timur. Peneliti menggunakan pre-experimental desain, dan menggunakan pre-tes dan post-tes metode untuk mengumpulkan data. Penelitian dilakukan di satu kelas, dan diambil di kelas 10 pariwisata. Peneliti menggunakan Wattpad sebagai treatment Ketika pengajaran dan belajar menulis teks recount. Pre-tes dilakukan sebelum treatment, untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang teks recount. Post-tes dilakukan setelah treatment, untuk mengetahui apakah Wattpad dapat mempengaruhi keahlian menulis siswa. Setelah melakukan kedua tes, peneliti menyebarkan angket untuk membantu hasil siswa terkait penggunaan Wattpad di pembelajaran menulis recount text.
Hasil dari penelitian ini menjukuan bahwa Wattpad dapat meningkatkan keahlian menulis siswa. Ini dapat dilihat dari perbedaan skor pre-tes dan post-tes yang meningkat di semua aspek. Ada lima aspek yang harus dikuasai oleh siswa, seperti; konten, organisasi, kosa kata, struktur, dan mekanik. Dalam bentuk perbedaan, presentasi dari konten adalah 0,74, organisasi adalah 0,72, kosa kata adalah 0,87, struktur adalah 0,72, dan yang terakhir aspek mekanik adalah 0,83. Sebagai tambahan, hasil dari angket siswa menunukan bahwa 13 siswa merasa nyaman dan menikmati pembelajaran Ketika memakai Wattpad untuk pembelajaran menulis teks recount, 12 siswa yang lain merasa tidak menikmati dan tidak nyaman Ketika menggunakan Wattpad dalam pembelajaran menulis teks recount. Meskipun 12 siswa merasa tidak nyaman menggunakan Wattpad, skor dari pre-tes mereka meningkat pesat. Ini juga membantu pemahaman mereka terhadap setiap aspek
In the educational field, the use of technology is one of the new ways to assist the teacher in providing knowledge. Technology also called as media, it aids the student in receiving the learning material, and become more active and creative. One of the technology is called Wattpad, Wattpad was developed by Allen Lau and Ivan Yuen in 2006. Wattpad is one of the largest media platforms for reading and writing. Similar to the use of blogs and forums, Wattpad can be used to train students writing skills. Many researchers researched the technology for learning media using Wattpad. From then on, Wattpad was often used in determining to improve students' writing and reading skill.
This research was aimed to find out whether Wattpad has a contribution to developing students writing skill or not, and it is only focusing on writing recount text. The researcher used pre-experimental research design and using pre-test and post-test method to collect the data. It was conducted at one of the Vocational High School in Sidoarjo, and only take on ten graders of tourism class. The researcher used Wattpad as the treatment while teaching and learning writing recount text. The pre-test was carried out before the treatment, to know the students' knowledge about recount text. Post-test was carried out after the treatment, to find out whether Wattpad can influence the students writing skills. After implementing both of the tests, the researcher distributed a questionnaire to support students test results regarding the use of Wattpad in learning writing recount text.
The results of the Study showed that Wattpad could enhance students' writing skill. It can be seen from the score's differences between Pre-test and Post-test that is increasing in all aspect. Five aspects must be mastered by the students, such as; content, organization, vocabulary, grammar, and mechanics. In terms of content, the percentage of differences is 0,74, the organization is 0,72, vocabulary is 0,87, grammar is 0,72, and the mechanic aspect is 0,83. Also, the result of students' questionnaire showed that 13 students were comfortable and enjoyed when using Wattpad in learning writing recount text, the other 12 students were not enjoying and uncomfortable while using Wattpad in learning writing recount text. Even though the 12 students were nervous using Wattpad, their scores from pre-test increased considerably. It also encourages their understanding of each aspect.