PENGARUH KONSEP DIRI, SELF-EFFICACY DAN SELF-INSTRUCTION TERHADAP KESIAPAN KERJA PADA SISWA SMK DI WILAYAH KEDIRI
The Influence of Self-Concept, Self-Efficacy, and Self-Instruction on Work Readiness of Vocational High School Students in Kediri Region
Ardianti, Ayu Dini. 2024. Pengaruh Konsep Diri, Self-Efficacy dan Self Instruction terhadap Kesiapan Kerja pada Siswa SMK di Wilayah Kediri. Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Harmanto, M.Pd. dan (II) Dr. Puput Wanarti R., S.T., M.T.
Kata Kunci: Konsep diri, self-efficacy, self instruction, kesiapan kerja
Siswa SMK sebagai lulusan siap kerja setidaknya membutuhkan kesiapan pada elemen konsep diri, self-efficacy dan self-instruction. Semuanya diperlukan guna sebagai landasan utama siswa menjadi lulusan yang siap dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem konsep diri, self-efficacy dan self-instruction terhadap kesiapan kerja. Terdapat empat tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini meliputi (1) mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kesiapan kerja siswa; (2) mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap kesiapan kerja siswa; (3) mengetahui pengaruh self-instruction terhadap terhadap kesiapan kerja siswa; dan (4) mengetahui pengaruh konsep diri, self-efficacy dan self-instruction secara simultan terhadap kesiapan kerja siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK di wilayah Kediri yang terdiri 315 siswa dari SMK Negeri 1 Kras Kabupaten Kediri, 380 siswa SMK Negeri 1 Ngasem Kabuaten Kediri dan 320 siswa SMK Negeri 3 Kota Kediri. Total pupulasi sebanyak 1015 siswa dari ketiga SMK Negeri di Wilayah Kediri. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus proporsional menurut stratum dengan perolehan jumlah sampel sebanyak 203 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket atau kuesioner yang terdiri dari 25 butir angket konsep diri, 25 butir angket self-efficacy, 23 butir angket self-instruction dan 24 butir angket kesiapan kerja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi liner berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t (parsial) dan menggunakan uji-f (simultan).
Hasil temuan dalam penelitian ini membuktikan bahwa (1) konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja dengan perolehan p value sebesar 0,000 < 0,050; (2) self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan perolehan p value sebesar 0,000 < 0,050; (3) self-instruction berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja dengan perolehan p value sebesar 0,000 < 0,050; dan secara simultan konsep diri, self-efficacy, dan self-instruction berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan perolehan p value sebesar 0,000 < 0,050. Saran dari hasil penelitian ini bahwa konsep diri siswa perlu dilakukan pematangan dan harus benar-benar diarahkan dengan baik oleh guru. Konsep diri perlu digali lebih dalam lagi untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam diri siswa. Setiap siswa memiliki self-efficacy yang tidak sama. Guru harus memberikan penguatan dan penanaman pada setiap diri siswa, memberikan keyakinan kepada mereka tentang apa yang harus mereka lalui dan kerjakan. Siswa memiliki peluang atau kesempatan yang besar dalam meningkatkan disiplin dan kepercayaan diri karena memiliki self-instruction yang terkontrol. Hal ini perlu dilatih dengan guru selalu melatihnya dengan berbagai pola seperti pola verbalisasi dan lainnya.
Ardianti, Ayu Dini. 2024. The Influence of Self-Concept, Self-Efficacy and Self-Instruction on Work Readiness of Vocational High School Students in Kediri Area. Thesis, Technology and Vocational Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Advisors: (I) Dr. Harmanto, M.Pd. and (II) Dr. Puput Wanarti R., S.T., M.T.
Keywords: Konsep diri, self-efficacy, self instruction, kesiapan kerja.
Vocational high school students as graduates ready to work at least need readiness in the elements of self-concept, self-efficacy and self-instruction. All are needed as the main foundation for students to become graduates who are ready to work. This study aims to determine the effect of self-concept problems, self-efficacy and self-instruction on work readiness. There are four objectives to be achieved in this study including (1) determining the effect of self-concept on students' work readiness; (2) determining the effect of self-efficacy on students' work readiness; (3) determining the effect of self-instruction on students' work readiness; and (4) determining the effect of self-concept, self-efficacy and self-instruction simultaneously on students' work readiness.
This study uses a quantitative approach. The subjects of this study were vocational high school students in the Kediri area consisting of 315 students from State Vocational High School 1 Kras, Kediri Regency, 380 students from State Vocational High School 1 Ngasem, Kediri Regency and 320 students from State Vocational High School 3, Kediri City. The total population was 1015 students from the three State Vocational High Schools in the Kediri Area. The sampling technique used in this study was purposive sampling with the determination of the number of samples using a proportional formula according to stratum with a sample size of 203 students. The research data collection technique used a questionnaire consisting of 25 self-concept questionnaire items, 25 self-efficacy questionnaire items, 23 self-instruction questionnaire items and 24 work readiness questionnaire items. The data analysis technique used in this study was multiple linear regression with hypothesis testing using the t-test (partial) and using the f-test (simultaneous).
The findings in this study prove that (1) self-concept has a significant effect on work readiness with a p value of 0.000 <0.050; (2) self-efficacy has a significant effect on students' work readiness with a p value of 0.000 <0.050; (3) self-instruction has a significant effect on work readiness with a p value of 0.000 <0.050; and simultaneously self-concept, self-efficacy, and self-instruction have a significant effect on students' work readiness with a p value of 0.000 <0.050. The suggestion from the results of this study is that students' self-concept needs to be matured and must be properly directed by teachers. Self-concept needs to be explored more deeply to maximize the potential that exists within students. Each student has different self-efficacy. Teachers must provide reinforcement and instillation in each student, giving them confidence about what they must go through and do. Students have a great opportunity or chance to improve discipline and self-confidence because they have controlled self-instruction. This needs to be trained by teachers always training them with various patterns such as verbalization patterns and others.