PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI STRUKTUR ATOM KELAS X MIPA
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA IN LEARNING CHEMISTRY ATOMIC STRUCTURE MATERIALS FOR HIGH SCHOOL
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kelayakan multimedia interaktif pada pembelajaran kimia materi struktur atom kelas X Mipa. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode penelitian Research and Developmen, desain penelitian yang dipakai merupakan model 4D yang dibatasi dalam 3 fase yakni define, design dan develop. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 21 Surabaya pada 33 siswa kelas X Mipa. Penelitian ini menggunakan lembar instrumen validasi, pretest dan posttest, angket respon peserta didik dan angket observasi peserta didik. Jika nilai hasil validasi adalah ≥61% maka itu dianggap valid, nilai kepraktisannya adalah ≥61% maka dianggap praktis dan nilai keefektifan adalah ≥61% maka dianggap efektif. Hasil validitas isi dan konstruk sebesar 85,6% dan 82,92% termasuk dalam kategori sangat valid. Kepraktisan diperoleh sebesar 96,71% dan 95,83% dari observasi siswa maka dianggap praktis. Keefektifan diperoleh dari hasil belajar peserta didik menggunakan soal pretest dan posttest dan didapatkan hasil pretest sebesar 21,21% dan hasil posttest sebesar 100% sehingga terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest siswa. Hal ini memperlihatkan bahwa multimedia interaktif Materi Struktur Atom bisa dipakai menjadi media pembelajaran Kimia.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Struktur Atom, Kimia
This research aims to gain the feasibility of interactive multimedia on the chemical learning of atomic structure materials class X Mipa. This research is a study using research methods research and developmen, the research design used is a 4D model that is limited to 3 stages, namely define, design and develop. This studies became performed at SMAN 21 Surabaya on 33 college students of class X Mipa. This observe used validation instrument sheets, pretest and posttest, student response questionnaires and student observation questionnaires. If the price of the validation end result is ≥61% then it’s taken into consideration valid, the practicality price is ≥61% then it’s taken into consideration sensible and the effectiveness price is ≥61% then it’s taken into consideration effective. The validity of the contents and constructs of 85.6% and 82.92% falls into the class of very valid. Practicality obtained by 96.71% and 95.83% of student observations is considered practical. Effectiveness is obtained from the learning results of students using pretest and posttest questions and obtained pretest results of 21.21% and posttest results of 100% so that there is a difference between pretest and posttest students' grades. This suggests that interactive multimedia atomic structure materials can be used as a medium of chemical learning.
Keywords: Interactive Multimedia, Atomic Structure, Chemistry