Kemajuan teknologi yang pesat, mendorong manusia untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini memiliki tujuan 1) Untuk menganalisis proses pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis computer based test pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto; 2) Untuk menganalisis kelayakan alat evaluasi pembelajaran berbasis computer based test pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto; 3) Untuk menganalisis respon siswa terhadap alat evaluasi pembelajaran berbasis computer based test pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang di SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IIS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto, sedangkan obyek penelitian ini adalah pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis computer based test. Kelayakan atas alat evaluasi yang dikembangkan ditelaah dan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil akhir rata-rata kelayakan alat evaluasi oleh ahli materi sebesar 86% dengan kategori Sangat Layak. Hasil akhir rata-rata kelayakan alat evaluasi oleh ahli media sebesar 88% dengan kategori Sangat Layak. Hasil uji coba produk juga menunjukkan bahwa alat evaluasi dapat menarik minat peserta didik untuk belajar, ditunjukkan dengan hasil prosentase sebesar 85% dengan kategori Sangat Baik.
Rapid technological advancements, encourage people to develop learning evaluation tools that can be used whenever and wherever. This study has a goal 1) To analyze the development process of computer-based test-based learning evaluation tools in material adjusting journal of trading companies in SMA 1 Puri Mojokerto High School; 2) To analyze the feasibility of a computer-based test-based learning evaluation tool in the adjustment journal material of trading companies at Puri 1 State High School 1 Mojokerto; 3) To analyze student responses to computer-based test-based learning evaluation tools in material adjusting journal of trading companies at SMA 1 Puri Mojokerto. The type of research used is Research and Development (R & D) with the 4D development model. The subjects of this study were students of class XII IIS of SMA 1 Puri Mojokerto, while the object of this study was the development of a computer based test-based learning evaluation tool. Feasibility of the evaluation tools developed was reviewed and validated by material experts and media experts. The results of this study show that the final results of the feasibility of evaluation tools by material experts are 86% with the category of Very Worthy. The final results of the average feasibility of evaluation tools by media experts were 88% with the Very Worth category. The results of product trials also show that evaluation tools can attract students to learn, indicated by the percentage of 85% with the Very Good category.