NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM ANIMASI UP DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
CHARACTER VALUES IN ANIMATED FILM UP AND THE RELEVANCE TO CHARACTER EDUCATION PRIMARY SCHOOL STUDENT
Film animasi tidak hanya digunakan sebagai media hiburan untuk anak, film animasi dapat dijadikan sebagai media untuk pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan wujud nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film animasi Up. (2) mengetahui relevansi nilai-nilai karakter yang terdapat pada film animasi Up kaitannya dengan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian library research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 wujud nilai karakter antara lain bersahabat atau komunkatif, tanggung jawab, kreatif, rasa ingin tahu, jujur, peduli sosial, dan menghargai prestasi. Nilai karakter inilah yang dapat dijadikan sebagai pendidikan karakter siswa sekolah dasar.
Kata kunci: nilai karakter, film animasi Up, pendidikan karakter, siswa sekolah dasar.
Animated films are not only used as a medium of entertainment for children, animated films can be used as a medium for character education. This study aims to (1) describe the form of character values contained in the animated film Up. (2) determine the relevance of the character values contained in the animated film Up in relation to the character education of elementary school students. This type of research is library research using a qualitative approach. The results showed that there were 8 forms of character values, including friendly or communicative, responsible, creative, curious, honest, socially caring, and appreciating achievement. This character value can be used as character education for elementary school students.
Keywords: character values, animated film Up, character education, elementary school students.