PERSEPSI SISWA TENTANG ROLE-PLAY SEBAGAI TEKNIK MENGAJAR SPEAKING UNTUK SISWA KELAS SEBELAS SMA
STUDENTS’ PERCEPTION OF ROLE-PLAY AS A TECHNIQUE TO TEACH SPEAKING SKILL TO ELEVENTH GRADE STUDENTS IN SENIOR HIGH SCHOOL
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas sebelas menggunakan teknik role-play di MA Bi'rul Ulum Sidoarjo. Dalam pelaksanaannya, peneliti melibatkan guru pembimbing dan guru bahasa kelas XI Bahasa. Sasaran penelitian ini adalah 18 siswa kelas XI IPA Madrasah Bi’rul Ulum Sidoarjo tahun ajaran lalu dipilih 6 siswa untuk penelitian dengan teknik role-play. Peneliti menerima data dari kuesioner, wawancara siswa, observasi, dan perekaman vidio digunakan sebagai instrumen pengumpulan data selama pelaksanaan tindakan. Peneliti melakukan dua tahap tindakan untuk penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan role-play sebagai teknik efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui pembelajaran kooperatif. Teknik role-play terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa karena memotivasi siswa untuk belajar berbicara, percaya diri dalam berbicara, dan meningkatkan interaksi mereka. Hal ini menunjukkan bahwa teknik role-play menghasilkan umpan balik yang positif dalam peningkatan prestasi belajar siswa.
The objective of the study is to improve eleventh grade students’ speaking skills using role-play as a technique at MA Bi’rul Ulum Sidoarjo. During the conduct, the researcher involved the supervising teacher and the language teacher of grade Eleventh Language class. The target of the research was 18 students of grade XI of Science class of Madrasah Bi’rul Ulum Sidoarjo within the academic year then selected 6 students among the class for the research using role-play as a technique. The researcher received the data from the questionnaire, students’ interviews, observation, and video recordings were used as instruments to gather data during the implementation of the action. The researcher conducted two phases of action for this study. The study's results indicated that the implementation of role play as a technique effectively improves students’ speaking skills. The role play technique is shown to be effective in increasing students’ speaking skills because it motivates the students to learn to speak, confidence in speaking, and boosts their interaction. This indicates that the role-play technique resulted in positive feedback on students’ performance improvement in learning.