ABSTRAK
PENGEMBANGAN ATLAS PLANTAE UNTUK SARANA IDENTIFIKASI DAN MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR
Nama : Nanda Intan Restu Wardhani
NIM : 15030204029
Program Studi : Pendidikan Biologi
Jurusan : Biologi
Fakultas : Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Endang Susantini., M.Pd.
2. Ahmad Bashri, S.Pd., M.S.i.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Atlas Plantae untuk sarana identifikasi tumbuhan dan melatihkan keterampilan proses sains dasar, mendeskripsikan validitas kelayakan teoritis dan kelayakan empiris. Keterampilan proses sains dasar yang dilatihkan hanya keterampilan mengamati, klasifikasi, memprediksi dan bertanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, uji coba Atlas Plantae secara terbatas dilaksanakan di SMAN 19 Surabaya dengan jumlah 15 peserta didik kelas X MIA 4. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode validasi, observasi dan angket. Secara teoritis kelayakan Atlas Plantae ditentukan berdasarkan hasil validasi Atlas Plantae, sedangkan kelayakan secara empiris Atlas Plantae ditentukan berdasarkan hasil pengamatan aktivitas dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi Atlas Plantae sebesar 91,6% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil pengamatan aktivitas peserta didik ketika menggunakan Atlas Plantae sebesar 92% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sementara itu, hasil respon peserta didik terhadap Atlas Plantae sebesar 97.5% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Atlas Plantae untuk sarana identifikasi dan melatihkan keterampilan proses sains dasar layak secara teoritis dan empiris.
Kata kunci : Atlas Plantae, keterampilan proses sains dasar, Plantae,
teoritis, empiris
ABSTRACT
DEVELOPMENT ATLAS OF PLANTAE FOR IDENTIFYING AND TRAINING BASIC SCIENCE PROCESS SKILLS
Name : Nanda Intan Restu Wardhani
Student ID : 15030204029
Study Program : Pendidikan Biologi
Departement : Biologi
Faculty : Matematika dan Ilmu
University : Universitas Negeri Surabaya
Thesis Advisor/Lecture : 1. Prof. Dr. Endang Susantini., M.Pd.
The purpose of this study aimed produce a Atlas of Plantae. Atlas of Plantae for the means of identifying and training basic science process skills in theoretical and empirical material that was feasible. This type of research was development research, the trial of Atlas of Plantae was limitedly carried out at SMAN 19 Surabaya with a total of 15 students of class X MIA 4. Data collection in this study validation, observation and questionnaires. Theoretically Atlas of Plantae was determined based on the results of the Atlas of Plantae validation, while empirically the Atlas of Plantae was determined based on the observations of the activities and responses of the students. The results of this study that the results of the Atlas of Plantae validation of 92% very feasible. The results of observations of student activities when using the Atlas of Plantae of 92% excellent category. Meanwhile, the results of students' responses to Atlas of Plantae were 97.5% excellent category. Based on the results of these studies concluded that Atlas of Plantae for means of identifying and training basic science process skills was feasible theoretically and empirically.
Keywords: Atlas ofPlantae, basic science process skills, Plantae, theoretical, empirical