MOTIVATION OF STUDENT PARTICIPANTS IN EXTRACURRICULAR FUTSAL AT SMP NEGERI 22 SURABAYA
Motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga futsal dapat didorong oleh berbagai faktor. Memahami motivasi ini penting untuk pengelola ekstrakurikuler dan guru agar dapat memberikan dukungan dan fasilitas yang tepat, serta menciptakan lingkungan yang mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dan meraih manfaat maksimal dari kegiatan ekstrakurikuler futsal. Riset ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei guna menggambarkan motivasi siswa peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 22 surabaya. Adapun teknik analisa data yakni deskriptif statistik dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Dari pengujian reliabilitas dikatakan reliabel dan pengujian validasi item kuesioner bersifat valid. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata sebesar 55,53, nilai tengah sebesar 56, nilai modus sebesar 57, nilai standar deviasi sebesar 5,754, nilai minimal sebesar 43, nilai maksimal sebesar 68, jumlah responden sebesar 43 orang dan total keseluruhan skor sebesar 2388. Siswa mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 22 Surabaya yang termasuk golongan sangat tinggi terdapat 3 orang atau sebesar 6,98 persen, siswa dengan motivasi tinggi terdapat 35 orang atau sebesar 81,40 persen, dan siswa dengan motivasi sedang terdapat 5 orang atau sebesar 11,63 persen Motivasi siswa bahwa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 22 Surabaya termasuk kategori motivasi tinggi atau persentase sebesar 69.
Kata Kunci: Motivasi, Ekstrakurikuler Futsal.
Students' motivation in participating in futsal extracurricular sports can be driven by various factors. Understanding this motivation is important for extracurricular managers and teachers to be able to provide the right support and facilities, as well as create an environment that encourages students to actively participate and get the maximum benefits from futsal extracurricular activities. This research uses quantitative research with a survey approach to describe the motivation of extracurricular students at SMP Negeri 22 Surabaya. The data analysis technique is statistical descriptive with data collection techniques using questionnaires. From the reliability test, it is said that it is reliable and the validation test of the questionnaire item is valid. The results of the study showed an average score of 55.53, a middle score of 56, a mode value of 57, a standard deviation value of 5.754, a minimum score of 43, a maximum score of 68, a total of 43 respondents and a total score of 2388. Students participating in futsal extracurricular at SMP Negeri 22 Surabaya which are in a very high group there are 3 people or 6.98 percent, students with high motivation there are 35 people or 81.40 percent, and students with medium motivation there are 5 people or 11.63 percent Student motivation that those who take part in futsal extracurricular at SMP Negeri 22 Surabaya are in the category of high motivation or a percentage of 69.
Keyword : Motivation, Futsal Extracurriculars.