Literature Review Peran Strategi Self Regulated Learning Untuk Kemampuan Akademik Anak Underachiever
Literature Review The Role Of Self-regulated Learning Strategies For The Academic Ability Of Underachiever
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran strategi self regulated learning yang diterapkan pada kemampuan akademik anak underachiever. Dalam metode penelitian ini menggunakan literature review dengan tahapan identifikasi masalah, penelusuran literatur, pemilihan literatur dan analisis data serta penyusunan artikel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif untuk mengekstrak temuan dari setiap literatur. Hasil penyusunan 16 artikel penelitian yang terpilih dibahas terfokus peran strategi self regulated learning untuk kemampuan akademik anak underachiever menunjukan bahwa anak mempunyai rasa tanggung jawab dan otonomi diri sendiri serta dapat mengendalikan diri sehingga berdampak positif dalam pembelajaran akademik dengan dukungan lingkungannya.
study aims to describe self regulated learning strategies applied to the academic abilities of underachievers. The stages of research method is problem identification, literature search, literature selection and data analysis and article preparation. Data analysis technique used is descriptive to extract findings from each literature. The results of the preparation of 16 selected research articles focused on role of self regulated learning strategies for the academic abilities of underachiever if underachiever children have a sense of responsibility and autonomy for themselves and can control themselves so that they have a positive impact on academic learning with the support of their environment.