PENERAPAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENGURANGI ADIKSI GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK SMP DI SURABAYA
IMPLEMENTATION OF INDIVIDUAL COUNSELING MOTIVATIONAL INTERVIEWING TECHNIQUES TO REDUCE ONLINE GAME ADDICTION IN JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SURABAYA
Berbagai permasalahan tentang penggunaan game online, saat ini tengah mendapat sorotan dari masyarakat, mulai dari orang dewasa hingga peserta didik dari kalangan usia. Game saat ini dapat menyebabkan adiksi game online dimana seseorang menggunakannya dengan intensitas waktu lebih dari 4 jam per-hari, berkelanjutan serta dilakukan guna mendapat kesenangan bahkan secara tidak sadar akan mengabaikan konsekuensi negatif. Bagi orang yang terlibat dalam perilaku adiksi, untuk berhenti dari kebiasaan perilakunya dinggap sulit atau bahkan tidak mungkin terjadi. Seringkali, individu terkadang menolak perubahan dan menyangkal perlunya perubahan walaupun setelah mereka mengakui bahwa mereka memiliki masalah. Terkadang individu mengalami ambivalensi dimana disatu sisi dia menyukai perilakunya, namun disatu sisi tidak menyukai perilakunya. Dari banyaknya faktor serta permasalahan yang ditimbulkan dari adiksi game online, menjadikan permasalahan ini penting untuk ditangani dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui keefektifan penerapan konseling individu teknik motivational interviewing untuk mengurangi adiksi game online pada peserta didik SMP di Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan pendekatan subjek tunggal (single subject) desain A-B yang dilakukan pada 5 peserta didik kelas VII yang memenuhi kriteria subjek penelitian. Data dianalisis menggunakan visual data grafik(Visual Analisys of Graphic Data) dalam kondisi dan antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat perubahan yang membaik yakni adanya penurunan skor pada fase baseline dan fase intervensi yaitu pada perubahan arah dan efeknya Level perubahannya juga menunjukkan membaik (+), hal tersebut didukung oleh konseli yang dapat mengidentifikasi dan melaksanakan keterampilan koping yang dimilikinya untuk dapat mempertahankan motivasi perubahan yaitu mengurangi adiksi game online.Berdasarkan beberapa aspek tersebut, maka terdapat perubahan pada kelima subjek setelah diberikan intervensi dengan teknik motivational interviewing. Dengan demikian penerapan konseling individu teknik motivational interviewing efektif untuk mengurangi adiksi game online pada peserta didik SMP di Surabaya. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menambahkan teknik konseling lain yang dapat diintregasikan dengan teknik motivational interviewing. Dengan diintegrasikan dengan teknik konseling lainnya dapat membantu mengatasi mengurangi adiksi game online yang lebih kompleks.
Kata Kunci: adiksi game online, konseling individu, motivational interviewing
Various problems regarding the use of online games are currently receiving attention from the community, ranging from adults to students of all ages. At present, games can cause online game addiction when a person uses them with an intensity of more than 4 hours per day, continuously, for pleasure, and even unconsciously ignores negative consequences. For people who are involved in addictive behavior, to stop the habit of behavior is considered difficult or even impossible. Often, people sometimes resist change and are in denial even after they admit they have a problem. Sometimes a person experiences ambivalence where on the one hand they like their behavior, but on the one hand they don't like their behavior. Of the many factors and problems arising from online game addiction, it is important to handle this problem properly. The purpose of this study was to determine the effectiveness of applying individual counseling motivational interviewing techniques to reduce online game addiction among junior high school students in Surabaya. This research is quantitative research with an experimental method using a single subject approach (single subject) design A-B conducted on five class VII students who meet the criteria for research subjects. The data were analyzed using visual data graphics (Visual Analysis of Graphic Data) under and between conditions. Based on the results of the research conducted, there were changes that improved, namely a decrease in scores in the baseline phase and the intervention phase. On changes in direction and their effects, the level of change also shows improvement (+), this is supported by the counselee who can identify and implement his coping skills to be able to maintain motivation for change, namely reducing online game addiction. Based on these several aspects, there are changes in the five subjects after being given an intervention with motivational interviewing techniques. Thus the application of individual counseling motivational interviewing techniques is effective in reducing online game addiction among junior high school students in Surabaya. Suggestions for future researchers can add other counseling techniques that can be integrated with motivational interviewing techniques. By integrating with other counseling techniques, it can help overcome more complex online game addiction.
Keywords: online game addiction, individual counseling, motivational interviewing