Pengaruh Media Dadu Putar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok B
The Influence Of The Rolling Dice Media On Children Literacy Ability Of Group B
Hasil studi pendahuluan yang dilakukan, ditemukan suatu permasalahan bahwa anak mengalami kesulitan dalam kemampuan keaksaraan terutama dalam membaca huruf, membaca dua suku kata dan membaca kata. Permasalahan tersebut timbul dikarenakan penyampaian metode pembelajaran oleh guru yang kurang menarik dan media yang digunakan hanya sebatas LKA. Kondisi permasalahan tersebut, akan mempengaruhi kemampuan keaksaraan anak usia dini. Dengan hal ini, diperlukan suatu stimulasi yang penting berupa pemberian media pembelajaran, alat permainan edukatif dan model pembelajaran yang menarik serta menyenangkan bagi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dimana data diperoleh dan dikumpulkan menggunakan jenis sumber data sekunder, melalui data pendukung yang bersumber dari literatur, jurnal-jurnal ilmiah maupun referensi-referensi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa berbagai artikel atau jurnal ilmiah yang berhubungan dengan pengaruh media dadu putar terhadap kemampuan keaksaraan anak. Dari hasil kajian pustaka yang dikuatkan melalui beberapa jurnal, didapatkan sebuah pembahasan bahwa kemampuan keaksaraan dapat distimulasi melalui media dadu putar . Melalui media dadu putar ini, anak terlibat dalam suatu pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Media dadu putar ini bisa dijadikan sebagai sarana media pembelajaran dalam peningkatan dan pengembangan aspek-aspek perkembangan anak secara menyeluruh, salah satunya yaitu dalam aspek perkembangan bahasa, terutama kemampuan keaksaraan pada anak usia dini dalam kemampuan membaca huruf, membaca dua suku kata dan membaca kata.
The results of a preliminary study conducted, found a problem that children have difficulties in literacy, especially in reading letters, reading two syllables and reading words. These problems arise due to the delivery of learning methods by teachers who are less attractive and the media which is used are only limited to LKA. The condition of these problems will affect the ability of early childhood literacy. With this, it is needed to provide important stimulation in the form of providing learning media, educational game tool (APE) and learning models that are interesting and fun for children. The method which is used in this research is the study of literature, where data is obtained and collected using secondary data source types, through supporting data sourced from literature, scientific journals and existing references. This research aims to collect and analyze various articles or scientific journals which are related to the influence of dice media on children literacy abilities. From the results of the literature learning media which were strengthened through several journals, a discussion was obtained that literacy skills could be stimulated through the rolling dice media, children are involved in an active, creative, effective and enjoyable learning. This rolling dice media can be used as a medium of learning media in the improvement and development of aspects overall child development aspects, one of them is aspects of language development, especially literacy skills in early childhood in the ability to read letters, read two syllables and read words.