Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video
tutorial untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Multimedia SMKN
1 Jombang yang akan digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran
dasar desain grafis. Model pengembangan yang dikembangkan pada penelitian ini
yaitu model ADDIE. Jenis data yang digunakan ialah data kualitatif dan
kuantitatif dengan uji coba one group pretest dan posttest, lalu
untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Instrumen yang
digunakan untuk melihat kelayakan media meliputi ahli materi, ahli media dan
peserta didik. Media ini akan diimplementasikan kepada 36 peserta didik SMK
Multimedia SMKN 1 Jombang.
Hasil uji validitas yang dilakukan oleh
ahli desain pembelajaran sebesar 92,5% kategori sangat baik, ahli materi 89,22%
kategori sangat baik, ahli media 93,33% kategori sangat baik. Untuk hasil uji
coba perseorangan mendapat 90,22% kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil
87,77% kategori sangat baik dan uji coba kelompok besar 86,85% kategori sangat
baik. Oleh karenanya, pengembangan media
video tutorial manipulasi gambar bitmap (raster) efek double exposure ini dinyatakan
layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Kemudian berdasarkan analisis
data pretest dan posttest diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed)
0.000 ≤ 0,05 dengan nilai rerata pretest 53,33 dan hasill nilai posttest
87,63 yangmana hasil nilai posttest ini lebih tinggi daripada hasil
nilai pretest, hal ini berarti terjadi peningkatan dan perbedaan
terhadap hasil belajar peserta didik
yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang
dalam hal ini adalah video tutorial manipulasi gambar bitmap (raster) efek double exposure. Dapat disimpulkan
bahwa media video tutorial ini layak dan efektif untuk digunakan dalam proses
pembelajaran peserta didik kelas X Multimedia SMKN 1 Jombang.
Kata kunci: Pengembangan, Video
Tutorial, Dasar Desain Grafis, ADDIE