Strategi Pendidikan Keluarga Selama Pandemi pada Anak Usia Dini di PAUD SKB Gudo Jombang
Family Education Strategy During the Pandemic in Early Childhood at PAUD SKB Gudo Jombang
Pandemi Covid-19 mengharuskan anak-anak belajar dari rumah. Semua kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah di bawah bimbingan orang tua. Peran orang tua dalam mendidik anak merupakan peran yang sangat penting untuk memperhatikan tumbuh kembang anak. Adapun orang tua yang mempunyai kesempatan terbatas dalam mendampingi anak selama belajar dari rumah, mereka tetap berusaha untuk meluangkan waktu supaya bisa menemani belajar dari rumah, memberikan motivasi pada anak, mengajarkan dan membiasakan sikap disiplin serta menciptakan lingkungan yang nyaman untuk menunjang proses pembelajaran supaya berjalan dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dengan mengkaji strategi orang tua dalam memberikan pendampingan belajar dari rumah dalam mentransformasikan pengetahuan kepada anak usia dini sesuai dengan aspek perkembangannya. Penelitian ini menggambarkan jenis penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu orang tua anak layanan usia 4-5 tahun dan ketua pokdi Anak Usia Dini. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa strategi orang tua dalam mengatur waktu secara presisi mulai dari memberikan pendampingan kepada anak sebisa mungkin dengan efektif, penanaman pendidikan karakter seperti pembiasaan pada anak untuk bertanggung jawab, disiplin dan menghormati orang yang lebih tua. Strategi ini digunakan orang tua dalam menciptakan kondisi yang inovatif dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Strategi Pendidikan Keluarga
The Covid-19 pandemic has forced children to study from home. All learning activities are carried out at home under the guidance of parents. The role of parents in educating children is a very important role to pay attention to the growth and development of children. As for parents who have limited opportunities in accompanying children while learning from home, they still try to take the time to accompany them to learn from home, motivate children, teach and get used to discipline and create a comfortable environment to support the learning process so that it runs smoothly. effective. This study aims to describe by examining the strategies of parents in providing learning assistance from home in transforming knowledge to early childhood according to their developmental aspects. This study describes the type of field research or field research that is descriptive with a qualitative approach. The subjects of this study were parents of children aged 4-5 years and the head of the Early Childhood Group. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. The results of the study show that the strategy of parents in managing time precisely starts from providing assistance to children as effectively as possible, planting character education such as habituation of children to be responsible, disciplined and respecting elders. This strategy is used by parents in creating innovative conditions in learning.
Keywords: Family Education Strategy