Pembelajaran
IPA di sekolah dasar harus mampu melibatkan peserta didik secara aktif dalam
mencari, menggali, serta menemukan sendiri konsep-konsep pada IPA. Metode
eksperimen merupakan salah satu metode yang melibatkan peserta didik secara
langsung dalam menggali dan menemukan sendiri pengetahuannya melalui pengamatan
dan percobaan. Metode eksperimen dalam penelitian ini berbantuan media Powtoon .
Media Powtoon memiliki berbagai fitur yang menarik sehingga dapat
membuat materi pelajaran lebih jelas dan mudah dipahami peserta didik. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran metode
eksperimen berbantuan media Powtoon , pengaruh metode eksperimen
berbantuan media Powtoon terhadap hasil belajar kognitif peserta didik,
dan respon peserta didik setelah pembelajaran dengan metode eksperimen
berbantuan media Powtoon pada materi perubahan wujud zat.
Metode
penelitian ini adalah kuantitatif jenis Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent
Control Group. Instrumen pengumpulan data diperoleh melalui lembar
observasi aktivitas guru dan peserta didik untuk mengetahui keterlaksanaan
pembelajaran, lembar soal pretest dan post-test untuk mengukur
kemampuan kognitif peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan, serta
lembar angket respon peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik
setelah kegiatan pembelajaran.
Hasil
penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh persentase
rata-rata sebesar 95% dengan kategori sangat baik, sedangkan aktivitas peserta
didik menunjukkan persentase sebesar 94% dengan kategori sangat baik.
Penggunaan metode eksperimen dengan bantuan media Powtoon membuat
pelaksanaan eksperimen dapat berjalan dengan baik dan lebih terarah. Peserta
didik memperoleh gambaran secara langsung langkah-langkah pelaksanaan eksperimen
perubahan wujud zat sehingga peserta didik terlibat secara aktif dalam menggali
dan membangun pengetahuannya. Hasil uji hipotesis dengan independent sample
t-test terhadap hasil belajar kognitif peserta didik menunjukkan bahwa
nilai thitung > ttabel , yaitu 2,150 > 2,0085,
sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai Sig.(2-tailed )
menunjukkan angka 0,036< α = 0,05. Hasil angket respon peserta didik setelah
pembelajaran dengan persentase sebesar 90,1% yang membuktikan bahwa peserta
didik sangat tertarik dengan pembelajaran metode eksperimen berbantuan media Powtoon
pada materi perubahan wujud zat. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dari penggunaan metode eksperimen berbantuan media Powtoon
terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan wujud zat kelas IV
SDN Keputran VI/337 Surabaya.
Kata kunci : Metode Eksperimen, Media Powtoon , Hasil Belajar