Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang implementasi supervisi akademik untuk peningkatan kinerja guru di MA Negeri 2 Bojonegoro Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah supervisor dan guru yang disupervisi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredebilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervisi akademik di MA Negeri 2 Bojonegoro dilakukan secara terjadwal dan instrumen supervisi sudah disediakan oleh pihak sekolah. Pelaksanaan supervisi akademik dilaksanakan dengan memulai persiapan terlebih dahulu, yang mana supervisor melihat dokumen administrasi pembelajaran guru sebelum mengajar di kelas. Kemudian, setelah persiapan akan dilakukan observasi kelas. Pada observasi kelas ini, supervisor akan mengamati guru mengajar mulai dari membuka pembelajaran sampai menutup pembelajaran. Pada observasi ini akan dilihat juga kinerja guru yang terdiri dari tiga aspek yaitu penguasaan content knowledge guru, behavioral skill, dan human relation skill. Setelah itu, tahap terakhir yaitu evaluasi, supervisor memberikan evaluasi kepada guru terkait dengan pembelajaran yang tela dilakukan. Supervisor memberikan arahan dan bimbingan kepada guru untuk memperbaiki kekurangannya sehingga dapat meningkatkan kinerja guru.
Kata Kunci: Implementasi, Supervisi Akademik, Kinerja Guru
This study aims to describe and analyze related to the implementation of academic supervision to improve teacher performance in MAN 2 Bojonegoro. The research method used in this study is a qualitative research method with a descriptive approach. Data collection techniques using interviews, observation, and study documentation. The research subjects in this study were supervisors and supervised teachers. Data analysis was performed by data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions.Checking the validity of the data using the credibility test, transferability test, dependability test, and confirmability test. The stages of the research conducted by the researchers is the preparation phase, the implementation phase, and the reporting stage.
The results showed that the implementation of academic supervision in MAN 2 Bojonegoro was done well, starting from the preparation stage, classroom observation, to the evaluation stage of academic supervision. Academic supervision is carried out by starting preparations in advance, in which the supervisor looks at the teacher's learning administration document before teaching in class. Then, after preparation class observations will be carried out. In this class observation, the supervisor will observe the teacher teaching from opening learning to closing learning. This observation will also look at teacher performance which consists of three aspects, namely mastery of content knowledge teacher's, behavioral skills, and human relations skills. After that, the final stage is evaluation, the supervisor gives an evaluation to the teacher related to the learning that has been done. Supervisors provide guidance and guidance to teachers to correct their deficiencies so as to improve teacher performance.
Keywords: Implementation, Academic Supervision, Teacher Performance.