STRATEGI CYBERGOGY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI SISWA
CYBERGOGY STRATEGIES FOR IMPROVING CRITICAL THINKING ABILITY AND DEVELOPING STUDENTS' ATTITUDES OF TOLERANCE
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi cybergogy yang diimplementasikan dalam bentuk blended learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan mengembangkan sikap toleransi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalan one group pretest posttest design dan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 siswa VIII-I SMP Negeri 5 Gresik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis dan angket. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) Metode pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis (2) Metode angket digunakan untuk mengukur sikap toleransi siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai N-Gain kategori sedang dan sikap toleransi siswa memperoleh kategori sangat toleran. Selanjutnya, kecenderungan siswa memberikan respons positif terhadap pelaksanaan pembelajaran. Simpulan hasil penelitian ini adalah strategi cybergogy yang diimplementasikan dalam bentuk blended learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mengambangkan sikap toleransi siswa.
This research aimed to determine the effect of cybergogy strategies implemented in blended learning, to improve critical thinking ability and develop students' tolerance attitude. The type of the research was one group pretest-posttest design and quantitative descriptive. The subject in in this research were 16 students eight-I grade of Junior High School 5 Gresik. The instruments in this research were test sheet and questionnaires. Data were collected by (1) pretest and posttest of critical thunking ability (2)questionnaire of students’ tolerance attitude. The research resultsshowed that there were improvement in students’ critical thinking ability consider as moderate category in N-Gain score and students’ tolerance attitude has obtained a very tolerant category. The students gave a positive response in learning implementation. Conclusion of this research was that cybergogy strategies implemented in blended learning can improve the students’ critical thunking ability and develop students' tolerance attitude.