LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMK RADEN PAKU WRINGINANOM
DIGITAL LITERACY IN HISTORY LEARNING AT RADEN PAKU WRINGINANOM VOCATIONAL SCHOOL
Literasi Digital adalah suatu pengetahuan akan keterampilan dalam penggunaan teknologi yang semakin berkembang pesat guna untuk terasahnya daya berpikir kritis, kreatif pada era globalisasi bagi segala aspek bidang kehidupan, termasuk pada aspek Pendidikan. Pada penelitian ini berisi tentang Literasi Digital Dalam Pembelajaran Sejarah di SMK Raden Paku Wringinanom Gresik.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat Literasi Digital dari Guru Sejarah dan juga pada Siswa SMK Raden Paku Wringinanom hingga untuk mengetahui strategi pembelajaran sejarah yang ada pada SMK Raden Paku Wringinanom. Penelitian dilaksanakan pada SMK Raden Paku Wringinanom dengan subjek sasaran yaitu Guru Sejarah sebanyak 2 orang dan juga Siswa SMK pada tingkatan kelas 10 dan 11 dari 5 Keahlian bidang dengan jumlah siswa sebanyak 195 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan 4 tahapan analisis data yaitu, pertama Pengumpulan data dengan melakukan observasi lapangan, wawancara, penyebaran angket hingga dokumentasi. Kedua, Reduksi data menggunakan skorsing untuk menggolongkan data dari informan. Ketiga, Penyajian data dalam bentuk tabulasi hingga pemaparan data yang didapat. Terakhir, Penarikan kesimpulan dengan mengaitkan aspek dan topik penelitian pada validasi hasil data.
Hasil data penelitian menunjukan bahwa dengan daya tingkat literasi digital guru yang cukup tinggi menjadikan pemilihan strategi pembelajaran hingga model pendekatan melalui pembiasaan penggunaan teknologi media digital atau TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) pada pembelajaran sejarah bermanfaat guna menumbuhkan tingkat literasi digital siswa SMK Raden Paku Wringinanom pada pembelajaran sejarah dengan kriteria literasi digital siswa sendiri Sebagian besar Sedang ataupun cukup baik yang terus menerus masih perlu adanya pengembangan kembali.
Digital Literacy is a knowledge of skills in using technology which is increasingly developing rapidly in order to hone critical and creative thinking skills in the era of globalization for all aspects of life, including the education aspect. This research contains about Digital Literacy in History Learning at Raden Paku Wringinanom Gresik Vocational School. This research aims to determine the level of Digital Literacy of History Teachers and also the students of Raden Paku Wringinanom Vocational School and to find out the history learning strategies that exist at Raden Paku Wringinanom Vocational School.
The research was carried out at Raden Paku Wringinanom Vocational School with the target subjects being 2 History Teachers and also Vocational School Students at grade 10 and 11 from 5 Specialty fields with a total of 195 students. This research uses a descriptive qualitative method with 4 stages of data analysis, namely, first, data collection by conducting field observations, interviews, distributing questionnaires and documentation. Second, data reduction uses suspension to classify data from informants. Third, Presentation of data in tabulation form and presentation of the data obtained. Finally, conclusions are drawn by linking research aspects and topics to the validation of data results.
The results of the research data show that with a teachers high level of digital literacy, the choice of learning strategies and approach models through getting used to using digital media technology or TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) in history learning is useful for increasing the digital literacy level of students at Raden Paku Wringinanom Vocational School in history learning with the students own digital literacy criteria. Most of them are moderate or quite good and still need further development.