Studi Deskriptif Praktik Penilaian Mata Pelajaran PPKn
Descriptive Study of Assessment Practice on Pancasila and Civic Education
Penelitin ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik penilaian mata pelajaran PPKn di SMAN Bandarkedungmulyo, SMAN Kertosono dan SMA Budi Utomo Perak. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan desain kualitatif eksploratif. Data dikumpulkan dan diperoleh dengan mengganakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan jumlah narasumber 10 guru PPKn. Hasil penelitian menyatakan pada aspek penilaian Kognitif, semua guru didalam melakukan penilaian sama, yaitu meliputi Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Semester dengan ketentuan dan kriteria yang sama. Pada aspek penilaian Ketrampilan/ psikomotor, tidak semua guru sama dalam melakukan penilain. Dari 10 guru mata pelajaran PPKn, 8 guru menggunakan pertimbangan yang menyeluruh. Sedangkan 2 guru hanya sebatas pada komunikasi, menyampaikan pendapat dan keterampilan dalam penyelesaian tugas dan kliping. Pada aspek penilaian afektif, tidak semua guru sama dalam melakukan penilaian. 8 guru menggunakan pertimbangan yang menyeluruh. Dari 2 guru melakukan penilaian afektif hanya sebatas pada sikap praktik pergaulan dan tingkah laku siswa sehari-hari di kelas.
Kata Kunci : Penilaian PPKn, Mata Pelajaran PPKn, Praktik Guru menilai
This study aims to description of the practice of civics subject assessment at Bandarkedungmulyo Senior High School, Kertosono Senior High School and Budi Utomo Senior High School. This type of research is qualitative by using explorative qualitative design. Data collection techniques in this study were observation, documentation and in-depth interviews with number of speakers of 10 civics teachers. The result of the study show that in the cognitive assessment aspects, all the teachers in the assessment includes daily assessment, Mid-semester assessment and Final semester assessment with the same provisions and criteria. In the aspect of psychomotor assessment, not all teachers are the same in assessing. From the 10 civics teachers, 8 teachers use comprehensive considerations. Two of ten teachers are only limited to communication, expressing opinions and skill in completing assignments and clipings. In the affective aspects of assessment, not all teachers are the same in conducting assessment. 8 teachers use comprehensive considerations. Two teachers in performing affective judgments are limited to the attitude of daily social and students daily conduct the class.
Key words: civics assessment, civics subject, practice teacherassesment