Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh promosi penjualan, kemudahan penggunaan, dan fitur layanan terhadap keputusan pembelian pada pengguna i-Saku Indomaret Kecamatan Watulimo Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 48 orang. Objek yang menjadi responden penelitian ini yaitu konsumen Indomaret yang memiliki dan menggunakan aplikasi i-Saku sebagai metode pembayaran di Indomaret. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signfikan terhadap keputusan pembelian dengan presentase 22,3%. Hasil penelitian menunjukkan variabel kemudahan penggunaan (X2) secara parsial berpengaruh positif dengan persentase 29,6% terhadap keputusan pembelian Hasil penelitian menunjukkan variabel fitur layanan (X3) secara parsial berpengaruh positif dengan persentase 6,3% terhadap keputusan pembelian pada pengguna i-Saku Indomaret. Secara simultan, variabel bebas promosi penjualan, kemudahan penggunaan, dan fitur layanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada pengguna i-Saku Indomaret dengan presentase sebesar 32,2%.
Kata Kunci : Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan, Keputusan Pembelian
The purpose of this research is to explain and analyze the impact of sales promotion, ease of use and service features on purchasing decisions for users of Indomaret’s i-Saku branch of Watulimo Trenggalek. This type of survey used in this research is a quantitative study using a sampling method, which is a deliberate sampling with 48 respondents. This research is focused on Indomaret’s consumers who own and use the i-Saku application as a payment method in Indomaret. The results of this research showed that the promotion variable (X1) has a partially has a positive and significant effect on buying decisions with a percentage of 22.3%. The results showed that the ease-of-use variable (X2) had a partially positive impact with a percentage of 29.6%, but it did not significant for the purchase decision of i Indomaret’s i-Saku users. The results showed that the service features variable (X3) had a partially positive impact with a percentage of 6.3%, for the purchase decision of Indomaret’s i-Saku users. Simultaneously, the independent variable on promotion, ease of use, and service features has a positive impact on Indomaret’s i-Saku users' purchasing decisions with a percentage of 32.2%.
Keywords: sales promotion, ease of use, service features, purchasing decisions