IDENTIFIKASI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SEKECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO
IDENTIFICATION OF THE IMPLEMENTATION OF FLOOR GYSMS LEARNING IN KEDUNGADEM DISTRICT BOJONEGORO REGENCY
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterlaksanaan pembelajaran senam lantai di SMA Sederajat se-Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisa deksriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Sederajat se-Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 122 siswa yang ditentukan dengan metode penentuan sampel menggunakan probability sampling yaitu random sampling, sehingga populasi yang ditentukan sebagai sampel penelitian adalah populasi yang memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui metode survey dengan angket serta wawancara terstruktur dengan narasumber yang berprofesi sebagai guru PJOK. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan Microsoft Excel 2010 untuk kemudian dianalis guna mendapat kesimpulan akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran senam lantai di SMA Sederajat se-Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro dalam aspek perencanaan dan pelaksanaan dikategorikan “Sangat Baik”, sedangkan dalam aspek evaluasi dikategorikan “Baik”. Sehingga, secara keseuluruh keterlaksanaan pembelajaran senam lantai di SMA Sederajat se-Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro dapat dikategorikan “Sangat Baik”, meskipun beberapa hal masih perlu diperhatikan lebih lanjut untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Kata Kunci: pendidikan jasmani, senam lantai, identifikasi pembelajaran
Abstract
This study aims to identify the implementation of gymnastics learning in senior high schools throughout Kedungadem District, Bojonegoro Regency. The type of research used is qualitative research with a descriptive analysis approach. The population in this study were all senior high school students in Kedungadem District, Bojonegoro Regency. While the sample in the study was 122 students who were determined by the method using probability sampling, which is random sampling, so that the sample in this study is a population that met several specified criteria. The data used in this study are primary data and secondary data which collected through survey methods with questionnaires and structured interviews with PJOK teachers. The data collected was processed with Microsoft Excel 2010 and then analyzed in order to get the final conclusion of the study. The results showed that the implementation of gymnastics learning in senior high schools throughout Kedungadem District, Bojonegoro Regency in the planning and implementation aspects was categorized as "Very Good", while in the evaluation aspect it was categorized as "Good". Thus, the overall implementation of gymnastics learning in senior high schools throughout Kedungadem District, Bojonegoro Regency was "Very Good", although several things needed further concern to achieve national education goals.
Keywords: physical education, gymnastics, learning identification