Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia dimanapun berada. Termasuk di Indonesia. Pendidikanmerupakanusahamanusia untukmempersiapkandiridalam menghadapikehidupan. Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim yaitu sejumlah 216,66 juta penduduk atau dengan persentase muslim sebesar 85 persen dari total populasi (BPS, 2015) memiliki potensi yang besar dari pengelolaan yang bersumber dari zakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh LAZIS AL HAROMAIN dalam pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan dari penelitian ini adalah manager distibusi dan pendayagunaan serta manager media dan informasi LAZIS AL HAROMAIN. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data bahwa strategi pelaksanaan program-program pemberdayaan masyarakat bidang pendidikan diawali dengan perencanaan, pengumpulan donasi, kemudian pelaksanaan progam yang meliputi pelatihan metode pembelajaran bagi guru, pelatihan tahsin untuk guru Alquran, pelatihan dan pembinaan dai, dan kajian agama. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalis, dapat disimpulkan bahwa tahap pembedayaan masyarakat dalam bidang pendidikan yang dilakukan LAZIS AL HAROMAIN berupa penyadaran, pengkapasitasan, dan pendayaan.
Kata kunci; strategi, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, lembaga amil zakat
Education is a very important thing for humans wherever they are. Included in Indonesia. Education is a human effort to prepare themselves for life. Indonesia, which is one of the countries with the majority Muslim population of 216.66 million people or with a percentage of muslims is 85 percent of the total population (BPS, 2015) has a large potential of management that comes from zakat. The purpose of this study was to find out the strategies used by LAZIS AL HAROMAIN in community empowerment in the field of education. This study uses descriptive qualitative methods. Informants from this study were distribution and utilization managers and media managers and information LAZIS AL HAROMAIN. Data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. The results of the study showed that the strategy implementation of community empowerment programs in education began with planning, collecting donations, then implementing programs which included training in learning methods for teachers, training of training for Quran teachers, training and training for dai, and religious studies. Based on the results of the research that has been analyzed, it can be concluded that the stage of community empowerment in the field of education carried out by LAZIS AL HAROMAIN in the form of awareness, capacity building, and empowerment.
Keyword; strategy, community empowerment, education, zakat management institutions