PENGARUH BEBAN PROMOSI, BIAYA PRODUKSI DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP LABA PERUSAHAAN
THE EFFECT OF PROMOTIONAL EXPENSES, PRODUCTION COSTS AND SALES GROWTH ON COMPANY PROFITS
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh beban promosi, biaya produksi dan pertumbuhan penjualan terhadap laba perusahaan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Laba adalah hasil selisih antara pemasukan dari sumber daya atau pendapatan dengan pengeluaran sumber daya atau atas adanya biaya . Perusahaan perlu menekan setiap biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan keuntungan, salah satunya adalah beban promosi. Beban promosi, yaitu pengeluaran anggaran promosi untuk memperoleh pelanggan atas produk yang telah dikeluarkan oleh perusahaan. Selain beban promosi, perusahaan perlu menekan biaya produksi. Biaya produksi adalah pengorbanan sejumlah biaya selama proses produksi, mulai dari bahan baku hingga produk yang siap dibeli oleh konsumen. Keuntungan perusahaan dapat diperoleh dari kegiatan penjualan. Pertumbuhan penjualan merupakan kenaikan atau penurunan penjualan dari tahun ke tahun dari suatu perusahaan. Sampel penelitian terdiri dari 84 perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan biaya promosi, biaya produksi dan pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap laba perusahaan
Kata kunci : biaya produksi; laba; beban promosi; pertumbuhan penjualan
This study aims to provide empirical evidence regarding the effect of promotional costs, production costs and sales growth on company profits in manufacture companies on the Indonesia Stock Exchange for the period 2017-2019. Profit is the result of the difference between the income from the resource or income with the expenditure of the resource or expense for its existence. Companies need to reduce any costs incurred to get a profit, one of which is promotional expenses. Promotional expenses, namely promotional budget expenditures to acquire customers for products that have been issued by the company. In addition to promotional expenses, companies need to reduce production costs. Production costs are the sacrifice of a number of costs during the production process, starting from raw materials to products that are ready to be purchased by consumers. Company profits can be obtained from sales activities. Sales growth is an increase or decrease in sales from year to year from a company. The research sample consisted of 84 manufacture companies. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression. Hypothesis test results show that both partially and simultaneously promotional expenses, production costs and sales growth have a significant effect on company profits.
Keywords : production cost; profits; promotional expenses; sales growth