PENGARUH EFIKASI DIRI, PERSEPSI PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MENJADI GURU EKONOMI
THE EFFECT OF SELF-EFFICACY, PERCEPTION OF THE TEACHERS PROFESSION AND THE SOCIAL ENVIRONMENT ON THE INTEREST IN BECOMING AN ECONOMIC TEACHER
Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh efikasi diri, perpsepsi profesi guru serta lingkungan sosial pada minat guru, baik dengan parsial maupun simultan. Penelitian ini memakai metodologi kuantitatif deskriptif dan melibatkan 60 mahasiswa prodi pendidikan ekonomi UNESA sebagai responden. Teknik analisis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial efikasi diri berpengaruh terhadap minat menjadi guru sebesar 49,7%, lalu persepsi profesi guru berpengaruh terhadap minat menjadi guru sebesar 27,4%, dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap minat menjadi guru sebesar 17,1%. Lalu secara simultan efikasi diri, persepsi profesi guru ,dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap minat menjadi guru.
This research aims to analyze the effect of self efficacy, perception of the teaching profession and social environment on teacher interest, either partially or simultaneously. This study used quantitative methodology and involved 60 students of Economic Education Study Program UNESA as respondents. Data analysis technique used regression analysis. The research revealed that self efficacy affected interest to be a teacher by 49.7%, then, teacher proffesion perception affected only 27.4%, and the social environment affected only 17.1%. Then simultaneously self efficacy, perception of the teachers profession, and social environment affect the interest in becoming a teacher.