PEMBINAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PELAJAR PADA EKSTRAKURIKULER FLOORBALL SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA
DEVELOPMENT IN IMPROVING STUDENT MOTIVATION IN FLOORBALL EXTRACURRICULAR IN SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi pencapaian prestasi yang dimiliki oleh tim putra dan putri dari ekstrakurikuler floorball SMA Muhamammadiyah 10 Surabaya baik di ajang daerah, provinsi dan nasional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji dan menganalisa beberapa indikator yang dapat meningkatkan motivasi siswa untuk lebih semangat dalam meraih prestasi pada cabang olahraga floorball. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, populasi penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler floorball sebanyak 20 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 20 siswa menggunakan teknik total sampling sesuai dengan jumlah total seluruh siswa peserta ekstrakurikuler floorball. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan terdapat bobot skor 1-4 berisikan 10 indikator yang terbagi atas 5 indikator intrinsik dan 5 indikator ekstrinsik yang dibagikan langsung kepada responden. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS untuk menghitung nilai persentase. Berdasarkan hasil analisis data telah ditemukan bahwa indikator pengetahuan, bakat, prestasi, hobi, dan lingkungan dengan persentase 65%, 70%, 90%, 80%, dan 90%, masuk dalam kategori tinggi. Kemudian indikator kesehatan, orang tua, sarana prasarana, teman dan guru dengan persentase masing-masing 50% masuk dalam kategori normal. Dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa SMA Muhammadiyah 10 Surabaya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler floorball secara keseluruhan termasuk dalam kategori “tinggi”. Perolehan nilai tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan dan pembinaan ekstrakurikuler floorball.
Kata Kunci: motivasi; ekstrakurikuler; floorball
Abstract
This research was motivated by the achievements of the men's and women's floorball teams extracurricular at SMA Muhammadiyah 10 Surabaya in regional, provincial and national events. This research aims to examine and analyze several indicators that can increase students’ motivation to be more enthusiastic in in reaching the achievements of floorball sport. This research used quantitative research and descriptive approach, the population of this research was 20 students from the floorball extracurricular. This research used total sampling technique with 20 students from the total number of floorball extracurricular students as the participants. The data collection technique was questionnaire with Likert Scale and the range score was 1-4 containing 10 indicators that were divided into 5 intrinsic indicators and 5 extrinsic indicators which were distributed directly to respondents. The data analysis of this research used SPSS to calculate the percentage value. Based on the results of data analysis, it found that the indicators of knowledge, talent, achievement, hobbies, and the environment with a percentage of 65%, 70%, 90%, 80%, and 90% were in the high category. Furthermore, for the health indicators, parents, infrastructure, friends, and teachers with a percentage of 50% were categorized as normal. It can be concluded that the motivation of SMA Muhammadiyah 10 Surabaya students in participating floorball extracurricular activities is in the "high" category. These scores can be used for consideration in the development and coaching of floorball extracurricular.
Keywords: motivation; extracurricular; floorball