Rosdiana. 2019. Profil Penalaran Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Gender. Disertasi.Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Drs. I Ketut Budayasa, Ph.D., Pembimbing (II): Dr. Agung Lukito, M.S.
Kata Kunci: Penalaran, masalah geometri, gender
Penalaran adalah rangkaian proses mental pada saat berpikir logis yang menghasilkan pernyataan baru atau kesimpulan dari premis dalam memecahkan masalah. Penalaran seseorang dapat dilihat pada pemecahan masalah yang di selesaikannya. Domain penalaran yang dimaksud adalah menganalisis (Analyze 1, 2, 3), menggeneralisasi (Generalize), mensintesis/ mengintegrasikan (Synthesize/ Integrate 1, 2), menjustifikasi/membuktikan (Justify), memecahkan masalah tidak-rutin (Solve Non-Routine Problems). Profil penalaran dalam memecahkan masalah geometri dieksplorasi dari proses pemecahan masalah sesuai dengan tahapan Polya yang meliputi tahap memahami masalah, tahap membuat rencana, tahap melaksanakan rencana, tahap mengecek kembali
Penelitian eksploratif ini bertujuan mendeskripsikan profil penalaran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan gender. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar perempuan yang cenderung memiliki sifat feminin dengan inisial Subjek 1, dan 1 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar laki-laki (Subjek-2) yang cenderung memiliki sifat maskulin dengan inisial Subjek 2. Pemilihan subjek melalui tes kemampuan matematika dan angket gender. Instrumen penelitian ini ada 2 yaitu peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen bantu yaitu Tes Kemampuan Matematika (TKM), Tugas Pemecahan Masalah Geometri (TPMG), Pedoman wawancara, Angket Gender. Pengambilan data penelitian melalui wawancara tidak terstruktur berbasis tugas. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, Analisis data melalui beberapa tahap, (1) Input data valid, (2) Kategorisasi/Klasifikasi data, (3) Reduksi data, (4) Display data/penyajian data, (5) Interpretasi data/penafsiran data, (6) Kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan terkait dengan Profil penalaran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar perempuan dalam memecahkan masalah geometri pada tahap memahami masalah adalah: (1) Dapat merepresentasikan masalah dalam bentuk lain dengan benar (Analyze 1). (2) Dapat mengungkap dengan benar informasi apa yang diketahui dengan argumen logisnya (Analyze 1). (3) Dapat mengungkap dengan benar informasi apa yang ditanyakan dengan argumen logisnya (Analyze 1). (4) Dapat mengungkap dengan benar kecukupan informasi yang diketahui untuk menjawab permasalahan beserta argumen logisnya (Analyze 2). Profil penalaran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar perempuan dalam memecahkan masalah geometri pada tahap membuat rencana adalah (1) Dapat mengungkap strategi perencanaan yang akan digunakan dalam memecahkan masalah beserta argumen logisnya (Analyze 1). (2) Dapat mengungkap konsep, prinsip atau prosedur yang akan digunakan dalam memecahkan masalah beserta argumen logisnya (Synthesize 1). (3) Dapat mengungkap peran dari setiap konsep, prinsip atau prosedur yang akan digunakan beserta argumen logisnya (Synthesize 2). Profil penalaran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar perempuan dalam memecahkan masalah geometri pada tahap melaksanakan rencana adalah: (1) Dapat melaksanakan pemecahan masalah sesuai dengan rencana dengan argumen logisnya (Generalize). (2) Dapat menggunakan konsep, prinsip atau prosedur dalam memecahkan masalah dengan benar beserta argumen logisnya (Synthesize 1, 2). (3) Dapat membuat kesimpulan dari perhitungan dengan benar dan logis (Analyze 3). Profil penalaran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar perempuan dalam memecahkan masalah geometri pada tahap mengecek kembali adalah (1) Dapat melakukan pengecekan terhadap langkah-langkah pemecahan masalah (Analyze 1). (2) Dapat melakukan pengecekan terhadap perhitungan-perhitungan dalam memecahkan masalah (Justify). (3) Dapat melakukan revisi terhadap hal-hal yang ditemukan salah dengan argumen logis (Analyze 1).
Profil penalaran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar laki-laki dalam memecahkan masalah geometri pada tahap memahami masalah adalah: (1) Dapat merepresentasikan masalah dalam bentuk lain dengan benar (Analyze 1). (2) Dapat mengungkap dengan benar informasi apa yang diketahui dengan argumen logisnya (Analyze 1). (3) Dapat mengungkap dengan benar informasi tentang apa yang ditanyakan dengan argumen logisnya (Analyze 1). (4) Dapat mengungkap dengan benar kecukupan informasi yang diketahui untuk menjawab permasalahan beserta argumen logisnya (Analyze 2)
Profil penalaran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar laki-laki dalam memecahkan masalah geometri pada tahap membuat rencana adalah: (1) Dapat mengungkapkan strategi perencanaan yang akan digunakan dalam memecahkan masalah beserta argumen logisnya (Analyze 1). (2) Dapat mengungkap konsep, prinsip atau prosedur yang akan digunakan dalam memecahkan masalah beserta argumen logisnya (Synthesize 1). (3) Dapat mengungkap peran dari setiap konsep, prinsip atau prosedur yang akan digunakan beserta argumen logisnya (Synthesize 2). Profil penalaran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar laki-laki dalam memecahkan masalah geometri pada tahap melaksanakan rencana adalah: (1) Dapat melaksanakan pemecahan masalah sesuai rencana beserta argumen logisnya (Generalize). (2) Dapat menggunakan konsep, prinsip atau prosedur dalam memecahkan masalah dengan benar beserta argumen logisnya (Synthesize 1, 2). (3) Dapat membuat kesimpulan dari perhitungan dengan benar dan logis (Analyze 3). Profil penlaran mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar laki-laki dalam memecahkan masalah geometri pada tahap mengecek kembali adalah (1) Dapat melakukan pengecekan terhadap langkah-langkah pemecahan masalah (Analyze 1). (2) Dapat melakukan pengecekan terhadap perhitungan-perhitungan dalam memecahkan masalah (Justify). (3) Dapat melakukan revisi terhadap hal-hal yang ditemukan salah dengan argumen logis (Analyze). Dari uraian tersebut menunjukkan tidak ada perbedaan profil penalaran perempuan dan laki-laki dalam memecahkan masalah geometri.
Rosdiana. 2019. Student Reasoning Profile Elementary School Teacher Education in Solving Geometry Problems Based on Gender. Dissertation. Mathematics Education Study Program, Surabaya Postgraduate University Program. Advisor: (1) Prof. Drs. I Ketut Budayasa, Ph.D., Advisor (II): Dr. Agung Lukito, MS
Keywords: Reasoning, geometry problems, gender
Reasoning is a series of mental processes at the time of logical thinking that produce new statements or conclusions from the premise in solving problems. A person's reasoning can be seen in solving the problem he solved. The reasoning domain in question is Analyze 1, 2, 3, Generalize, Synthesize / Integrate 1, 2, Justify, Solve Non-Routine Problems. Reasoning in solving geometry problems by using Polya’s stages are stage of understanding the problem, Planning Phase, Stage of Carrying out of plan, and looking back stage
This explorative research aims to describe the reasoning profile of Elementary School Teacher Education students in solving geometry problems based on gender. The subjects in this study were 1 female Elementary School Teacher Education student who tended to have a feminine character with the initials Subject 1, and 1 male Elementary School Teacher Education student who tended to have a masculine trait with the initials Subject 2. Selection of subjects through tests of mathematical ability and questionnaires gender. There are 2 research instruments, namely the main instrument, the researcher himself and the supporting instrument, namely TKM, TPMG, interview guide, Gender Questionnaire. Retrieval of research data through task-based unstructured interviews. Data validity testing uses time triangulation, data analysis through several stages, (1) valid data input, (2) data categorization / classification, (3) data reduction, (4) data display / data presentation, (5) data interpretation / interpretation data, (6) Conclusions.
Based on the results of data analysis, the conclusions related to the reasoning profile of female elementary school teacher education students in solving geometry problems at the stage of understanding the problem are: (1) Can represent the problem in other forms correctly. (2) Can properly reveal what information is asked with logical arguments (3) Can properly reveal what information is known with logical arguments. (4) Can properly reveal the adequacy of information that is known to answer the problem along with its logical argument. The reasoning profile of female elementary school teacher education students in solving geometry problems at the planning stage is (1) Can reveal the planning strategies that will be used in solving problems and their logical arguments. (2) Can reveal concepts, principles or procedures that will be used in solving problems and their logical arguments. (3) Can reveal the role of each concept, principle or procedure to be used along with its logical argument. The reasoning profile of female elementary school teacher education students in solving geometry problems at the stage of implementing the plan are: (1) Can carry out problem solving in accordance with the plan with logical arguments. (2) Can use concepts, principles or procedures in solving problems correctly along with their logical arguments. (3) Can make conclusions from calculations correctly and logically. The reasoning profile of female elementary school teacher education students in solving geometry problems at the looking back stage is (1) Can check the problem solving steps. (2) Can check the calculations in solving problems. (3) Can revise things that are found wrong with logical arguments.
The reasoning profile of male elementary school teacher education students in solving geometry problems at the stage of understanding a problem is: (1) can represent problems in other forms correctly. (2) Can uncover correctly what information is known with logical arguments. (3) Can properly reveal information about what is asked with logical arguments. (4) Can properly reveal the adequacy of information that is known to answer the problem along with its logical argument. The reasoning profile of male elementary school teacher education students in solving geometry problems at the stage of making plans is: (1) Reveal the planning strategies that will be used in solving problems along with their logical arguments. (2) Can reveal concepts, principles or procedures that will be used in solving problems and their logical arguments. (3) Can reveal the role of each concept, principle or procedure to be used along with its logical argument. The reasoning profile of male elementary school teacher education students in solving geometry problems at the stage of implementing the plan are: (1) Can carry out problem solving according to the plan along with its logical arguments. (2) Can use concepts, principles or procedures in solving problems correctly along with their logical arguments. (3) Can make conclusions from calculations correctly and logically. Profiling of male elementary school teacher education students in solving geometry problems at the looking back stage is (1) Can check the steps of problem solving. (2) Can check the calculations in solving problems (3) Can make revisions to things that are found wrong with logical arguments. The description shows that there is no difference in the profile of female and male reasoning in solving geometry problems.