ABSTRAK
Putri, Atika Khaulah. 2019. Berpikir Matematis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Gaya Kognitif Object Imagery, Spatial Imagery, dan Verbal. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (I) Dr. Agung Lukito, M.S., dan (II) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd.
Kata Kunci : Berpikir Matematis, Masalah Kontekstual, Gaya Kognitif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir matematis siswa SMP dalam memecahkan masalah kontekstual ditinjau dari gaya kognitif yang meliputi Object Imagery, Spatial Imagery, dan Verbal.
Tiga siswa perempuan kelas VIII SMPN 1 Gedangan tahun ajaran 2019/2020, yang memperoleh nilai tertinggi berdasarkan hasil tes kemampuan matematika dan memiliki gaya kognitif object imagery, spatial imagery, dan verbal dipilih sebagai subjek penelitian. Data berpikir matematis siswa dikumpulkan dua kali melalui pemberian tugas pemecahan masalah dan wawancara yang berkaitan dengan masalah pola bilangan. Tugas pemecahan masalah dan wawancara kedua dilakukan untuk kepentingan triangulasi data, untuk menguji keabsahan data. Hasil tugas pemecahan masalah dan wawancara dianalisis untuk mendeskripsikan berpikir matematis siswa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa berpikir matematis siswa Object Imagery dan Verbal dalam memecahkan masalah kontekstual diawali dengan mengidentifikasi informasi dengan cara menuliskan semua informasi baik yang diketahui dan yang ditanyakan kemudian menafsirkan maksud kalimat dalam soal, Sedangkan berpikir matematis siswa Spatial Imagery dalam memecahkan masalah diawali dengan menafsirkan maksud kalimat yang ditanyakan dan diketahui kemudian menuliskan semua informasi yang dibutuhkan. Pada fase attack, siswa Object Imagery dan Spatial Imagery memberikan alasan dan bukti terhadap dugaan dengan membuat sketsa gambar dan memberi tanda berbeda pada sketsa yang telah dibuat, untuk menunjukkan bukti dari dugaan yang telah dibuat. Sedangkan siswa Verbal memberikan alasan dan bukti pada dugaan dengan melakukan perhitungan aritmetik untuk menemukan pola yang terbentuk.
ABSTRACT
Putri, Atika Khaulah . 2019. Students’ Mathematical Thinking in Junior High School to Solve Contextual Problem in Term Object Imagery, Spatial Imagery, and Verbal Cognitive Style. Thesis, Departement of Mathematics, Postgraduate of Surabaya State University, Supervisors: (I) Dr. Agung Lukito, M.S., dan (II) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd.
Keywords : Mathematical Thinking, Contextual Problem, Cognitive Style.
This study aims to describe mathematical thinking that occurs in junior high school students when solve contextual problem in term of cognitive style such us object imagery, spatial imagery, and verbal.
Three girls students on 8th grade from SMPN 1 Gedangan year 2019/2020, with the higher rank in the mathematics’ skill test and represent each type of cognitive style were selected as the research subject. The data of this students’ mathematical thinking were collected twice from both the task and interview relating pattern problem. The second problem solving task and interview perform the data triangulation for justifying the data. The results of the problem solving task and interview were analyzed for describing students’ mathematical thingking.
The results of the analysis show that students mathematical thinking with object imagery and verbal cognitive style in solving contextual problem begin by identifying information with writing down all the information both known and asked and then interpreting the sentences in the problem, while student with Spatial Imagery cognitive style in solving problems begin by interpreting sentence then write down all the information needed. Then in attack phase, Object Imagery and Spatial Imagery student giving reasons and evidence of the conjecturing by sketching images and giving different marks to the sketches that have been made, to show evidence of the conjecturing that have been made. Whereas the Verbal student, give reasons and evidence of the conjecturing by doing arithmetic calculations to find patterns that are formed.