Persepsi Keamanan Data dan Privasi Pada Pengguna Layanan Wifi Gratis di Coffee shop
Measurement Of Information Security Awareness Level A Case Study On The Use Of Free Wi-Fi In Coffee Shop
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi keamanan data dan privasi pada pengguna layanan wifi gratis di coffee shop. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode penyebaran kuesioner. Kuesioner berupa beberapa pernyataan yang diisi oleh responden berdasarkan pengalaman pribadi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengguna layanan wifi gratis di seluruh coffee shop yang ada di Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat kesadaran keamanan informasi pengguna wifi gratis di coffee shop diklasifikasikan sebagai cukup/sedang dengan kondisi rata-rata sebesar 75,10%. Dari analisis regresi yang telah dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dimensi pengetahuan tentang keamanan data dan privasi memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap dimensi sikap terhadap keamanan informasi, sedangkan hubungan antara dimensi sikap terhadap keamanan data dan privasi mempengaruhi secara signifikan dan positif terhadap dimensi perilaku mengurangi risiko keamanan informasi, dan hubungan antara dimensi pengetahuan tentang keamanan data dan privasi mempengaruhi secara signifikan dan positif terhadap dimensi perilaku mengurangi risiko keamanan informasi.
This study aims to determine the perception of data security and privacy among users of free wifi services in coffee shops.This study used quantitative research by distributing questionnaires as a data collection technique. The questionnaire contains several questions that must be filled out by respondents based on their personal experience. The subjects in this study were users of free wifi services in all coffee shops in Surabaya. The research instrument used was a questionnaire sheet. The results of this study indicate that the level of information security awareness of free wifi users in coffee shops is classified as sufficient/moderate with an average outcomes about 75.10%. From the regression analysis that has been done to find out the relationship between the dimensions of knowledge about data security and privacy has a significant and positive effect on the dimensions of attitudes towards information security, while the relationship between the dimensions of attitudes towards data security and privacy has a significant and positive influence on the dimensions of behavior to reduce risk information security, and the relationship between the dimensions of knowledge about data security and privacy significantly and positively affect the dimensions of behavior to reduce information security risks.