Model Game Problem Based Learning (GPBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Bagi Siswa Sekolah Dasar
Game Problem Based Learning (GPBL) to enhance critical thinking and problem-solving skills for elementary school students
Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran yaitu model pembelajaran Game Problelm Based Learning (GPBL) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan karena tujuan utamanya mengembangkan model pembelajaran. Model yang dikembangkan yaitu model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan metode games based learning (GBL). Model ini akan digunakan untuk menguji peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa.
Sejalan dengan tujuan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil validasi oleh ahli, Model G-PBL beserta bentuk operasional (modul ajar, LKPD, dan tes kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah) dan instrumen penilaian (lembar pengamatan keterlaksanaan Model G-PBL, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa, serta lembar angket respon siswa) hasil nilai validasi dari lembar pengamatan keterlaksanaan Model G-PBL memperoleh skor 3,6 dan dinyatakan sangat valid . nilai validasi dari lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran memperoleh skor 3,6 dan dinyatakan sangat valid. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan Model G-PBL, rerata keterlaksanaan pembelajaran pada sekolah A, B, dan C berturut-turut adalah 89,1%, 89,1%, dan 89,1%. Adapun persentase total keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai 89,1% dan dinyatakan baik berdasarkan kriteria keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil rerata skor pretest keterampilan berpikir kritis 31,9 dan mengalami peningkatan setelah mengimplementasikan Model G-PBL dengan skor posttest keterampilan berpikir kritis 81. Adapun nilai rerata n-gain yang diperoleh adalah 0,74 dan termasuk kategori tinggi. Model G-PBL dikatakan efektif untuk mencapai keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Selain itu, berdasarkan hasil rerata skor pretest keterampilan pemecahan masalah hanya 31 dan mengalami peningkatan setelah mengimplementasikan Model G-PBL dengan skor posttest keterampilan pemecahan masalah 80. Adapun nilai rerata n-gain yang diperoleh adalah 0,73 dan termasuk kategori tinggi. Model G-PBL dikatakan efektif untuk mencapai keterampilan pemecahan masalah siswa sekolah dasar.
The aim of the study is to produce a valid, practical and effective game-based learning model (GPBL) to enhance critical thinking and problem-solving skills of students. The type of research used in this study is developmental research because its primary purpose is to develop a learning model. The model developed is a problem based learning (PBL) learning model with games based learning method (GBL).
In accordance with the objectives of the study, the results showed that based on the results of expert validation, Model G-PBL as well as operational forms (teacher module, LKPD, and critical thinking and problem-solving test) and evaluation instruments (Model G- PBL implementation observation sheet, student activity monitoring sheet and student response lift sheet) the validation score of the implementation watch sheet of Model G - PBL obtained a score of 3.6 and was declared very valid. The validation value of the learning implementation note was awarded a point of 3.6, and is declared highly valid. Based on the observation of implementation of the Model G PBL, the performance rate of learning in schools A, B, and C in succession was 89.1, 89.1%, and 89.1% respectively. Based on the results of the pretest, the critical thinking skills score was only 31.9 and improved after implementing the G-PBL Model with the posttest critical thought skills score of 81. The G-PBL model is said to be effective in achieving critical thinking skills of elementary school students. In addition, based on the results of the pretest, the problem-solving skills score was only 31 and improved after implementing the G-PBL Model with a posttest score of 80. The n-gain score obtained was 0.73 and belongs to the high category. The G- PBL model is said to be effective in achieving the problem solving skills of elementary school students.