WACHID SEBAGAI PENGAYOM PEMBINAAN
TEATER DI SEKOLAH
WACHID AS A PROTECTOR OF THEATER DEVELOPMENT
THEATER AT SCHOOL
Nama
:
Septa Amien Susanti
NIM
20020134067
Program Studi
S1 Pendidikan Sendratasik
Fakultas
Bahasa dan Seni
Universitas
Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing
Dr. Autar Abdillah, S.Sn., M.Si.
Tahun
2024
A Wachid Rz adalah seorang tokoh seniman teater di Kota Surabaya yang berkontribusi dalam pembelajaran ekstrakurikuler teater di Surabaya dan Sidoarjo. Sebagai seorang seniman sekaligus pendidik Wachid memiliki berbagai pengalaman, prestasi, dan penghargaan serta karya yang membuatnya mendirikan sebuah lembaga untuk melakukan pembelajaran ekstrakurikuler teater disekolah. Dedikasi dan kredibilitas ketokohannya layak untuk dikaji sebagai objek studi tokoh seniman teater. Selain itu penulisan mengenai biografi tokoh belum pernah dilakukan.
Pembahasan tentang bagaimana biografi kehidupan A. Wachid Rz sebagai pengayom pembinaan teater di sekolah? Dan bagaimana dampak pengelolaan Teater Remaja Surabaya terhadap pembelajaran teater oleh A. Wachid Rz? Memiliki tujuan untuk mendeskripsikan biografi kehidupan A. Wachid Rz sebagai pengayom pembinaan teater di sekolah serta mengetahui dampak pengelolaan teater yang dilakukan oleh Wachid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi tokoh. Teknik pengumpulan data dilakuan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil yang di dapat menunjukkan bahwa A. Wachid Rz lahir di Surabaya pada tanggal 08 Mei 1955 dengan bakat seni yang diturunkan dari sang ayah menjadikannya tertarik pada dunia seni, terutama seni teater karena kegemarannya dalam menulis. Dalam perjalanannya di dunia seni Wachid mengikuti komunitas teater yang ada di Surabaya, yang menjadi ide untuk mendirikan sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang seni teater dengan konsep pengajaran melalui ekstrakurikuler di sekolah. Akhirnya pada tahun 1994 Wachid resmi mendirikan Lembaga dengan nama Teater Remaja Surabaya yang berdiri hingga saat ini dengan pengelolaan yang baik, sehingga semakin banyak sekolah yang meminta kerja sama dengan TRS untuk mengajar ekstrakurikuler disekolah.
Kata kunci : Pengayom, Pembinaan, Esktrakurikuler, Biografi, Teater Remaja Surabaya, Dampak
Name
Study Program
S1 Sendratasik Education
Faculty
Language and Arts
University
: Surabaya State University
Supervisor
Year
A Wachid Rz is a theater artist figure in Surabaya who contributes to extracurricular theater learning in Surabaya and Sidoarjo. As an artist and educator, Wachid has various experiences, achievements, awards and works that led him to establish an institution to conduct extracurricular theater learning in schools. His dedication and credibility are worthy of study as an object of study of theater artist figures. In addition, writing about the character's biography has never been done.
The discussion about how the biography of A. Wachid Rz's life as a protector of theater development in schools? And what is the impact of Surabaya Youth Theater management on theater learning by A. Wachid Rz? It aims to describe the biography of A. Wachid Rz's life as a protector of theater development in schools and to find out the impact of theater management carried out by Wachid. The method used in this research is descriptive qualitative with a character study approach. Data collection techniques are done by observation, interview, and documentation.
The results show that A. Wachid Rz was born in Surabaya on May 08, 1955 with artistic talent passed down from his father making him interested in the world of art, especially theater art because of his passion for writing. In his journey in the art world, Wachid followed the theater community in Surabaya, which became an idea to establish an institution engaged in theater arts with the concept of teaching through extracurricular activities at school. Finally, in 1994 Wachid officially established an institution with the name Teater Remaja Surabaya which stands until now with good management, so that more and more schools are asking for cooperation with TRS to teach extracurricular activities at school.
Keywords: Protector, Coaching, Extracurricular, Biography, Surabaya Youth Theater, Impact