FUNGSI ACTUATING DALAM KUALITAS PELAYANAN PROGRAM PELATIHAN BATIK NEOTRAL PADA WARGA BELAJAR DI LKP NEUTRAL PONOROGO
THE FUNCTION OF ACTUATING IN SERVICE QUALITY OF THE NEUTRAL BATIK TRAINING PROGRAM TO IMPROVE PARTICIPATION OF LEARNERS AT NEUTRAL LKP PONOROGO
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi
actuating dalam kualitas pelayanan pada program pelatihan batik
neotral pada partisipasi warga belajar di LKP Neutral Ponorogo
serta mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat
yang memengaruhi keberhasilan program pelatihan batik neotral
dalam peningkatan partisipasi terhadap warga belajar di LKP
Neutral Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
Pengelola LKP, Tutor, dan Warga Belajar. Teknik pengumpulan
data yang digunakan ialah wawancara mendalam, observasi, dan
studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan
teori miles dan huberman yakni kondensasi data, display data, dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan uji
kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferbilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi actuating dalam
kualitas pelayanan program pelatihan batik neotral ini diterapkan
dengan baik dan didukung berbagai faktor pendukung seperti
fasilitas yang memadai dan standar kompetensi tutor sehinggaiii
mampu untuk menciptakan program pelatihan batik neotral yang
berkualitas dan mampu meningkatkan partisipasi warga belajar
sehingga banyak warga belajar yang telibat aktif untuk ikut serta
mengembangkan program pelatihan seperti ikut sebagai pengrajin
dalam produksi batik neotral.
This research aims to describe the actuating function in the quality
of service in the neotral batik training program on the participation of
learning residents at LKP Neutral Ponorogo and to describe the
supporting and inhibiting factors that influence the success of the neotral
batik training program in increasing participation of learning residents
at LKP Neutral Ponorogo. This type of research is descriptive research
with a qualitative approach. The subjects of this research are LKP
Managers, Tutors, and Learning Citizens. The data collection techniques
used were in-depth interviews, observation and documentation studies.
The data analysis used uses Miles and Huberman theory, namely data
condensation, data display, and drawing conclusions. The validity of the
data is carried out by testing credibility, dependability, confirmability and
transferability. The results of the research show that the actuating
function in the service quality of this neotral batik training program is
implemented well and is supported by various supporting factors such as
adequate facilities and tutor competency standards so that it is able to
create a quality neotral batik training program and is able to increase
student participation so that many people learn. who are actively involved
v
in developing training programs such as participating as craftsmen in the
production of neotral batik.