Society 5.0 merupakan era yang dicetuskan oleh pemerintah Jepang. Sebuah konsep dimana manusia yang menjadi penyeimbang antara dunia nyata dan dunia maya yang berbasis teknologi. Setelah munculnya berbagai inovasi industri dan masyarakat di era Revolusi Indsutri 4.0, Society 5.0 muncul sebagai antisipasi terhadap tren global yang sedang dihadapi saat ini. Artikel ini merupakan hasil kajian pustaka yang berhubungan dengan pembelajaran IPA berbasis High Order Thingking Skills (HOTS) sebagai kerangka dalam menghadapi tantangan hidup di era Society 5.0. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan kemampuan untuk memecahkan masalah, berpikir kritis dan kreatif melalui pembelajaran IPA berbasis HOTS. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi pustaka yang menggunakan berbagai sumber rujukan dari berbagai hasil penelitian maupun hasil pemikiran penulis lainnya. Hasil dari penulisan ini yaitu memberikan gambaran tentang konsep era society 5.0, penggunaan model pembelajaran IPA berbasis HOTS dalam membantu peserta didik untuk melatih kemapmpuan pemecahan masalah, berpikir kritis dan kreatif, serta merasakan langsung berbagai permasalahan yang kompleks seperti lingkungan hidup, kesehatan, pemanfaatan ilmu pengetahuan, dan teknologi.
Kata Kunci: Pembelajaran IPA, HOTS, Society 5.0
Society 5.0 was an era that was sparked by the Japanese government. A concept where humans are balancing between the real world and the virtual world based on technology. After the emergence of various industrial and community innovations in the 4.0 Indonesian Revolution era, Society 5.0 emerged as an anticipation of the current global trends. This article is the result of a literature review relating to science learning based on High Order Thinking Skills (HOTS) as a framework for dealing with life's challenges in the era of Society 5.0. This writing aims to describe the stages of the ability to solve problems, think critically, and creatively through HOTS-based science learning. Data collection methods used in this paper are literature studies that use various sources of reference from various research results and the results of other writers' thoughts. The results of this paper are to provide an overview of the concept of society era 5.0, the use of HOTS-based science learning models in helping students to practice problem-solving skills, think critically and creatively, as well as direct experience various complex problems such as the environment, health, utilization of science, and technology.
Keywords: Natural Sciences Learning, HOTS, Society 5.0