ANALISIS PENGGUNAAN METODE SAINTIFIK DALAM PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK
ANALYSIS OF THE USE OF SCIENTIFIC METHODS IN INCREASING THE ACTIVITY OF STUDENTS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendeskripsikan penggunaan metode ilmiah dalam rangka peningkatan aktivitas siswa. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP SMK Negeri Mojoagung bidang Humas dan Protokol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data digunakan melalui beberapa tahapan antara lain pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pembelajaran mahasiswa cenderung bosan dan kurang tertarik dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena metode yang digunakan hanya ceramah dan monoton. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga memiliki peran penting dalam hasil belajar. Model pembelajaran saintifik merupakan pendekatan saintifik dan terdiri dari beberapa tahapan, antara lain mengamati, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Melalui berbagai tahapan tersebut siswa dapat meningkatkan perannya dalam proses pembelajaran.
This research has the aim to describe and describe the use of scientific methods in terms of increasing student activity. The study was classified as a qualitative descriptive study. The subjects used in this study were students of class X OTKP at Mojoagung Public Vocational School on Public Relations and Protocol. Data collection techniques used were observation and interviews. While data analysis techniques are used through several stages including data collection, data presentation and drawing conclusions. In the learning process students tend to be bored and less interested in the learning process that takes place because the method used is merely lecture and monotonous. Therefore this research was conducted so that students are more active in the learning process. The activeness of students in the learning process also has an important role in learning outcomes. The scientific learning model is a scientific approach and consists of several stages, including observing, asking questions, gathering information, reasoning, and communicating. Through these various stages students can increase their role in the learning process.