PERANCANGAN FEED INSTAGRAM IFFA DEWI MUSLIM WEDDING SERVICE
DESIGNING THE INSTAGRAM FEED OF IFFA DEWI MUSLIM WEDDING SERVICE
Iffa Dewi Muslim Wedding Service adalah salah satu nama usaha yang bergerak di bidang muslim wedding service yang melayani jasa rias pengantin dan menawarkan berbagai paket pernikahan. Media promosi yang selama ini dimiliki usaha ini masih bersifat konvensional, berupa brosur, x-banner, dan kartu nama. Untuk perluasan pasar dan membidik kaum milenial yang tidak bisa melepaskan dari teknologi informasi, maka dipilih promosi berbasis media sosial dengan platform Instagram yang dekat dengan kaum milenial. Tujuan perancangan ini adalah untuk mempromosikan dan memberi informasi kepada konsumen melalui media sosial instagram dalam bentuk aplikasi dan media pendukung seperti buku lookbook. Tahapan dalam perancangan ini meliputi pengumpulan data, analisis data, penyusunan konsep, dan pembuatan desain final. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat) dan USP (Unique Selling Preposition). Proses perancangan desain layout instagram dan media pendukung lookbook, konsep yang digunakan yaitumuslim tradisional yang elegan, sesuai target perancangan dan diharapkan audience dari perancangan ini terkesan mewah. Visualisasi desain dilakukan tiga tahap perancangan, yaitu pembuatan, tighttissue, dan desain akhir. Media pendukung dari perancangan ini berupa lookbook berukuran B5 dan berjumlah 48 halaman. Lookbook ini juga bergaya visual elegan yang berkesan mewah dengan elemen grafis bunga.
Kata Kunci: Instagram, Promosi, Strategi Periklanan, Pernikahan, Media Sosial
Iffa Dewi Muslim Wedding Service is one of businesses engaged name in muslim weddingwho provides bridal make up services and offers a variety of wedding packages. The promotion media currently owned by this business are still conventional in the form of brochures, x-banners, and business cards. To expand markets and aim for millenials who can not release from information technology, it was selected for promotion based on social media on instagram platforms close to millenials. The purpose of this design is to promote and provide information to consumers through social media instagram onapplications form and supporting media such as lookbook books. A step in this design involves data collection, data analysis, conceptual drafting, and final design creation. Data collection techniques through interview, observation, and documentation. Data analysis techniques using SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, and Threat) and USP (Unique Selling Prepositions). The process of designing the Instagram layout design and supporting media lookbooks books, the concept used is an elegant traditional muslim style, according to design target and expected the audience of this design will fell luxurious. Design visualization was carried out in three step of the design is production, thight tissue, and final design. Supporting media for this design is size B5 lookbook books and 48 pages. This lookbook also has an elegant visual style whose looks luxurious with graphic floral elements.