Konten video Youtube Food Vlogger Ria Sw merupakan salah satu konten yang ada pada platform Youtube yang membahas kuliner dan tempat kuliner yang ada dalam negeri maupun luar negeri khususnya kawasan asia. Konten video Youtube Ria Sw menarik perhatian karena memiliki konsisten dalam menyediakan konten kuliner dan tidak berpacu pada kuliner yang sedang viral saja. Namun, lebih pada mengulas tentang kuliner yang belum diketahui oleh kebanyakan orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan respon yang diberikan setiap orang terhahap konten video pada tahap kognitif dan afektif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai asymtitic significant adalah sebesar 0,691. Nilai tersebut lebih besar dari nilai α yang ditetapkan yaitu sebesar 5% atau 0,05 (0,691>0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan respon yang diberikan setiap responden yang menjadi penonton dalam konten video Youtube Ria Sw.
Kata kunci : Respon Khalayak, Konten Video, Efek Kognitif, Efek Afektif
Ria Sw's Youtube Food Vlogger video content is one of the contents on the YouTube platform that discusses culinary and culinary places in the country and abroad, especially the Asian region. Ria Sw's Youtube video content attracts attention because it has a consistency in providing culinary content and not racing on a culinary that is just viral. However, more about culinary that is not known by many people. This research aims to know is there any difference in the responses given every person on the video content at this stage of the cognitive and affective. This research uses a quantitative approach with a survey method. The results of the data obtained indicate that the asymptic significant value is 0,691. The value is greater than the specified α value of 5% or 0.05 (0,691>0,05). This shows that there are differences in the responses given by each respondent who becomes an audience in the Youtube video content of Ria Sw.
Keywords: Audience Response, Video Content, Youtube, Cognitive Effects, Affective Effects.