Pengembangan Handout pada Materi Asam-Basa dengan Metode Pembelajaran Sorogan
Development of Handouts on Acid-Base Material with the Sorogan Learning Method
Metode pembelajaran Sorogan merupakan pembelajaran individual dengan kegiatan peserta didik memberikan capaian belajarnya (sorog) kepada pendidik. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan handout dalam meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi asam-basa dengan metode pembelajaran Sorogan yang dikembangkan ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan handout ini mengacu pada metode pengembangan Research & Development (R&D) yang dibatasi pada tahap uji coba terbatas. Validitas handout terdiri dari validitas isi dan konstruk. Validitas isi mendapatkan modus 5 dengan kriteria sangat valid. Validitas konstruk meliputi kriteria kegrafisan, penyajian, dan kebahasaan. Kriteria kegrafisan mendapatkan modus 5 dengan kriteria sangat valid, kriteria penyajian mendapatkan modus 4 dengan kriteria valid, dan kriteria kebahasaan mendapatkan modus 4 dengan kriteria valid. Kepraktisan handout ditinjau dari hasil observasi aktivitas peserta didik dengan memperoleh persentase 95,71% dan angket respon peserta didik ditinjau dari kriteria isi, kegrafisan, penyajian, dan kebahasaan mendapatkan persentase berturut-turut sebesar 98,33%, 96,67%, 97,77%, dan 100% dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan handout ditinjau dari peningkatan nilai pretest ke posttest untuk setiap peserta didik menggunakan rumus N-Gain Score. Peserta didik yang mendapatkan N-Gain Score pada kriteria sedang yaitu 16,67% dan pada kriteria tinggi yaitu 83,33%. Ketuntasan secara klasikal mendapatkan persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan handout dengan metode pembelajaran Sorogan dalam pembelajaran kimia asam-basa dapat meningkatkan penguasaan konsep dan hasil belajar peserta didik. Handout pada materi asam-basa dengan metode pembelajaran Sorogan dinyatakan layak digunakan karena telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan.
Kata kunci: Handout, Asam-Basa, Sorogan.
The Sorogan learning method is individual learning with the activities of students giving their learning outcomes (sorog) to the teacher. This study aims to determine the feasibility of handouts in improving students' mastery of concepts in acid-base material using the developed Sorogan learning method in terms of validity, practicality, and effectiveness. The research for the development of this handout refers to the Research & Development (R&D) development method which is limited to the limited trial stage. Handout validity consists of content and construct validity. Content validity gets mode 5 with very valid criteria. Construct validity includes graphical, presentation, and linguistic criteria. Graphical criteria get mode 5 with very valid criteria, presentation criteria get mode 4 with valid criteria, and linguistic criteria get mode 4 with valid criteria. The practicality of the handout is seen from the results of observing the activities of the students by obtaining a percentage of 95.71% and the student response questionnaire in terms of the criteria for content, graphics, presentation, and language obtaining the percentages respectively 98.33%, 96.67%, 97, 77%, and 100% with very practical criteria. The effectiveness of the handout is seen from the increase in pretest to posttest scores for each student using the N-Gain Score formula. Students who get the N-Gain Score on the medium criteria are 16.67% and on the high criteria are 83.33%. Classical completeness gets a percentage of 100% with very effective criteria. This shows that the use of handouts with the Sorogan learning method in acid-base chemistry learning can improve students' mastery of concepts and learning outcomes. The handout on acid-base material using the Sorogan learning method was declared feasible to use because it met the criteria of validity, practicality and effectiveness.
Keywords: Handout, Acid-Base, Sorogan.