PENERAPAN TOKEN EKONOMI DALAM MEMPERTAHANKAN ATENSI BELAJAR ANAK DENGAN SPEKTRUM AUTISME
APPLICATION OF TOKEN ECONOMICS IN MAINTAINING ATTENTION TO LEARNING IN CHILDREN WITH THE AUTISM SPECTRUM
Autism Spectrum Disorder (ASD) mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatiannya pada tugas yang diberikan. Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) mengalami kesulitan dalam melaksanakan proses kegiatan di sekolah baik dalam hal pembelajaran, mengerjakan, maupun menyelesaikan tugas yang diberikan. Kemampuan mempertahankan atensi anak autis dapat dikembangkan melalui pemberian aktivitas yang menyenangkan dan kreatif serta menarik bagi anak salah satunya adalah penggunaan token ekonomi. Token ekonomi adalah salah satu teknik konseling perilaku yang memanfaatkan teori operant conditioning dari Skinner. Setiap kali tindakan yang diinginkan muncul dari anak, token ekonomi merupakan penguat positif. Setelah anak mengumpulkan sejumlah token, token tersebut dapat ditukar dengan hadiah yang telah disepakati sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian SSR (Single Subject Research). Rancangan A-B diterapkan dalam desain penelitian ini dengan pengumpulan data melalui observasi. Dalam penelitian ini, penilaian durasi digunakan untuk satu sesi pembelajaran. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 13 pertemuan meliputi 5 pertemuan sesi baseline (A) dan 8 pertemuan sesi intervensi (B) terdapat data yang dapat dipresentasikan. Dalam fase baseline (A) rata-rata skor yang diperoleh adalah 104 dan fase intervensi (B). 128.625. Sehingga dapat disimpulkan dengan diterapkannya metode token ekonomi memiliki pengaruh terhadap kemampuan dalam mempertahankan atensi belajar peserta didik autis setelah diberikannya intervensi/treatment.
Kata kunci: autism spectrum disorder, atensi belajar, token ekonomi.
Autism Spectrum Disorder (ASD) has difficulty maintaining their attention on a given task. Children with Autism Spectrum Disorder (ASD) have difficulty in carrying out the process of activities at school both in terms of learning, doing, and completing the assigned tasks. The ability to maintain the attention of children with autism can be developed through providing activities that are fun and creative and interesting for children, one of which is the use of token economy. Economic tokens are one of the behavioral counseling techniques that utilize Skinner's operant conditioning theory. Each time a desired action emerges from the child, the token economy is a positive reinforcer. Once the child has collected a certain number of tokens, the tokens can be exchanged for a pre-agreed reward. This study used a quantitative approach and used the SSR (Single Subject Research) research type. A-B design was applied in this research design with data collection through observation. In this study, duration assessment was used for one learning session. The results of research that has been carried out for 13 meetings include 5 meetings of baseline sessions (A) and 8 meetings of intervention sessions (B) there is data that can be presented. In the baseline phase (A) the average score obtained was 104 and the intervention phase (B). 128.625. So it can be concluded that the application of the token economy method has an influence on the ability to maintain the learning attention of autistic students after the intervention/treatment.
Keywords: autism spectrum disorder, learning attention, token economy