PENGARUH OPERASIONAL SMP SANTA MARIA SURABAYA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN RAYA DARMO SURABAYA
THE OPERATIONAL EFFECT OF SANTA MARIA SURABAYA JUNIOR HIGH SCHOOL ON THE PERFORMANCE OF THE DARMO HIGHWAY
Jalan Raya Darmo adalah jaringan jalan arteri sekunder dengan status jalan kota, dimana jalan tersebut merupakan pengembangan ruas jalan yang dapat dipergunakan sebagai penghubung kawasan dalam kota dan untuk menjalankan berbagai pelayanan. Pada ruas Jalan Raya Darmo khususnya di depan SMP Santa Maria Surabaya seringkali terjadi permasalahan lalu lintas seperti pada jam sekolah yang bisa meningkatkan penundaan, dikarenakan aktivitas sekolah yang bersamaan dengan tingginya aktivitas masyarakat. Selain itu, permasalahan lalu lintas yang terjadi juga disebabkan oleh adanya hambatan samping pada sekolah tersebut akibat aktivitas kendaraan yang mengantar dan menjemput siswa secara bersamaan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ruas Jalan Raya Darmo dengan dan tanpa beroperasinya SMP Santa Maria Surabaya menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Setelah dilakukan analisis maka didapat bahwa beroperasinya SMP Santa Maria Surabaya mempengaruhi dan menyebabkan ruas Jalan Raya Darmo Surabaya mengalami penurunan kinerja. Hal ini tampak dari nilai derajat kejenuhannya, dimana dengan berlangsungnya kegiatan operasional SMP Santa Maria Surabaya pada pagi hari diperoleh nilai DS sebesar 0,76 dan pada sore hari diperoleh nilai DS sebesar 0,79 dengan tingkat pelayanan D (dengan ketidakstabilan kondisi arus lalu lintas, maka akan ada pembatasan dan gangguan yang dialami oleh pengemudi). Sedangkan saat SMP Santa Maria Surabaya tidak beroperasi didapat nilai DS sebesar 0,72 pada pagi hari dan pada sore hari didapat nilai DS senilai 0,74 dengan tingkat pelayanan C (dimana masih dalam zona arus lalu lintas stabil, namun ada batasan kecepatan diterapkan untuk pengemudi).
Kata kunci : Volume, Kapasitas,Kinerja Ruas Jalan
Darmo street is a network of secondary arterial roads with the status of city roads, where the road is a road that was developed to serve and connect areas within the city.On Darmo street especially in front of Santa Maria Surabaya Junior High School during peak hours, traffic problems often occur such as increased delays during school hours, due to school activities that coincide whit high community activities. In addition, th traffic problems that occur are also caused by side obstacles at the school due to the activity of vehicles that deliver and pick up students simultaneously. This study aims to analyze the performance of Jalan Raya Darmo with and without the operation of the Santa Maria Surabaya Junior High School using the Indonesian Road Capacity Manual method (MKJI 1997). After analyzing it can be seen that the operation of Surabaya Santa Maria Junior High School affects and causes the performance of Jalan Raya Darmo Surabaya to decrease. This is evident from the value of the degree of saturation, where by the operation of the Santa Maria Surabaya Junior High School in the morning obtained a degree of saturation value of 0.76 and in the evening the degree of saturation value of 0,79 with a level of service D (where traffic flow conditions are unstable, almost all drivers will be limited and disrupted). When the Santa Maria Surabaya Junior High School did not obtain a degree of saturation value of 0.72 in the morning and in the evening the degree of saturation value of 0,74 is obtained with the level of service C (which is still in the zone of steady traffic flow, but the driver is limited in choosing his speed).
Keywords : Volume, Capacity, Roads Performance