Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bauran pemasaran syariah (product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence) terhadap loyalitas jamaah umrah di PT. Ikhwan Berkah Sejahtera. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 93 responden yang berasal dari jamaah umrah periode 2017-2018 dan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala likert dan dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara menyeluruh variabel bauran pemasaran syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas jamaah umrah. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat 2 variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas jamaah umrah, yaitu variabel promotion dan process. Adapun berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran syariah memiliki pengaruh sebesar 41,3% terhadap variabel loyalitas jamaah umrah.
Kata kunci: bauran pemasaran syariah, loyalitas, travel umrah
The aim of this research is to test the effect of marketing mix sharia (product, price, promotion, place, people, process, and physical evidence) towards loyalty of Umrah pilgrims in PT. Ikhwan Berkah Sejahtera. This research was conducted with an associative quantitative approach. Number of samples that used in this research is 93 respondents which came from umrah pilgrims 2017-2018 period and used simple random sampling technique. This research used a questionnaire that calculates with a likert scale and analyzed with SPSS 23. The result of this research shows that overall marketing mix sharia variable has a positive effect and significant to the loyalty of Umrah pilgrims. Based on the partial test result indicates that there are 2 positive effect variables and significant towards loyalty of Umrah pilgrims, that is promotion variable and process. As for based on the coefficient of determination test’s result, shows that marketing mix sharia variable have a big impact as big as 41,3% against loyalty of Umrah pilgrims’ variable.
Keyword: marketing mix sharia, loyalty, umrah travel