Maharani, Rosy Puspa. 2025. Pengembangan Media Game Interaktif Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Motivasi Siswa Kelas VIII pada Materi Recount Text Bahasa Inggris di Sekolah Indonesia Johor Bahru. Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Fajar Arianto, S.Pd., M.Pd., dan (II) Dr. Syaiputra W.M. Diningrat, M.Pd.
Kata Kunci: Media game interaktif, Wordwall, keterampilan menulis, motivasi, recount text
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media game interaktif berbasis Wordwall untuk meningkatkan keterampilan menulis dan motivasi belajar siswa kelas VIII pada materi recount text Bahasa Inggris di Sekolah Indonesia Johor Bahru. Media ini dirancang untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa, seperti rendahnya motivasi belajar, kesulitan dalam mengorganisir ide, serta minimnya keterampilan menyusun teks secara koheren. Penelitian menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Pada tahap analisis, ditemukan bahwa siswa memerlukan media pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan kebutuhan belajar mereka. Tahap desain menghasilkan prototipe media berbasis Wordwall dengan berbagai fitur menarik seperti permainan edukatif, kuis, dan umpan balik langsung. Tahap pengembangan melibatkan validasi oleh ahli materi dan media, yang menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Implementasi dilakukan pada siswa kelas VIII dengan hasil yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan menulis dan motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wordwall layak digunakan. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa media ini cukup efektif meningkatkan keterampilan menulis,yaitu 93,10% siswa menunjukkan peningkatan kategori "Sedang", dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,57 dan persentase N-Gain 57,06%, artinya termasuk kategori "Cukup Efektif". Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sebanyak 55% siswa mengalami peningkatan motivasi kategori "Tinggi", dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,69, yang artinya terjadi peningkatan kategori "Sedang" dan persentase N-Gain 69,24%, yang artinya "Cukup Efektif". Hasil ini membuktikan bahwa media Wordwall secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis dan motivasi siswa secara terstruktur dan kohesif.
Dengan demikian, pengembangan media berbasis Wordwall tidak hanya memberikan solusi inovatif dalam pembelajaran Bahasa Inggris tetapi juga berkontribusi pada pengembangan praktik pendidikan berbasis teknologi. Media ini diharapkan dapat diadopsi secara lebih luas untuk mendukung pembelajaran yang efektif dan relevan.