RESPON SISWA SMKN 3 JOMBANG TERHADAP PEMBELAJARAN MEKANIKA TEKNIK MENGGUNAKAN POWERPOINT ANIMASI
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana respon siswa kelas X BKP 1 terhadap pembelajaran mekanika teknik menggunakan powerpoint berbasis animasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X BKP 1 SMKN 3 Jombang, dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Penelitian ini memiliki satu permasalahan yang diselidiki yaitu, bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran mekanika teknik menggunakan powerpoint berbasis animasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mendapatkan hasil respon siswa kelas X BKP1 SMKN 3 Jombang. Teknik pengumpulan data melalui angket respon siswa. Data yang terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan rumus statistik persentase yang mengacu pada skala Guttman. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa persentase angka secara deskriptif. Data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif analitis untuk memperoleh jawaban dari permasalahan yang terdapat pada penelitian. Hasil uji media powerpoint berbasis animasi yang telah divalidasi oleh ahli media diperoleh tingkat pencapaian 97,14 % sehingga berada pada kualifikasi sangat valid. Hasil perhitungan angket respon siswa yang telah divalidasi oleh ahli media diperoleh tingkat pencapaian 85,60 % sehingga berada pada kualifikasi sangat valid. Hasil penelitian diketahui 74,85% siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran mekanika teknik menggunakan powerpoint animasi. Hal ini menunjukkan siswa tertarik dan senang mengikuti kegiatan pembelajaran mekanika teknik menggunakan powerpoint animasi. Angket respon siswa disebar secara online setelah angket respon siswa dan media powerpoint berbasis animasi telah dilakukan validasi oleh validator.
Kata Kunci: powerpoint, animasi, respon siswa, pembelajaran mekanika teknik, deskriptif.
This study aimed to analyze how the tenth grade BKP 1 students’ responses to mechanical engineering learning by using animation based powerpoint. The research sample was the tenth grade BKP 1 students of SMKN 3 Jombang consisting of 35 students. This study had one problem which was researched. The problem was how the students’ responses to mechanical engineering learning by using animation based powerpoint.This study used descriptive quantitative method aiming to reveal a certain phenomenon The data collection technique was purposive sample consisting of the tenth grade BKP 1 students in SMKN 3 Jombang. The data collection technique used students’ questionnaire. The data result was analyzed by using percentage statistical formula. Based on the validity results by media expert, it was obtained 85,60% therefore it was in valid qualification. The data result of this study was students responses questionnaire. The data was analyzed by using analytical descriptive method to get the answer of the problem in the research. Based on the survey results revealed 74,85% the students gave the strong responses to mechanical engineering learning by using animation powerpoint. It showed that students was interested and happy to join mechanical engineering learning activities by using animation powerpoint. Students, responses distributed online after the students responses to queationnaire and animation based powerpoint have been alidated by the validator.
Keywords: powerpoint, animation, students responses, mechanical engineering learning, descriptive