Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Modul Angiospermae dan mendeskripsikan efektivitas penerapan Modul Angiospermae dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran, ketercapaian keterampilan proses siswa, hasil belajar, dan respons siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Sasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 7 SMA Negeri 1 Gedeg Mojokerto dengan jumlah total 60 siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Modul Angiospermae memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Data ketercapaian keterampilan proses siswa menggunakan Modul Angiospermae memperoleh nilai 3,8 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa menggunakan Modul Angiospermae meningkat dengan hasil normalitas gain sebesar 0,44 dengan kategori sedang. Siswa memberikan respons positif terhadap Modul Angiospermae dengan persentase sebesar 93%. Pembelajaran dengan menggunakan Modul Angiospermae efektif untuk melatihkan ketercapaian keterampilan proses siswa dan meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: Modul Angiospermae, Keterampilan Proses, Hasil Belajar.
This study aimed to apply the Angiosperm Module and describe the effectiveness of the application of the Angiosperm Module based through the implementation of learning, achievement of student process skills, student learning achievements, and student responses. This study uses a one group pretest-posttest design. The targets used in this study were students of class X MIPA 4 and X MIPA 7 SMAN Gedeg Mojokerto with a total of 60 students. Data were analyzed quantitative descriptively. Data on the implementation of learning using the Angiosperm Module obtained a percentage of 93% with a very good category. Data on the achievement of process skills of students using the Angiosperm Module obtained 3,8 in the good category. Student learning achievements using the Angiosperm Module increased with the results of normality gain of 0.44 with the medium category. Students gave a positive responses to the Angiosperm Module and got a percentage of 93%. Learning by using the Angiosperm Module is effective in training the achievement of student process skills and improving student learning achievement.
Keywords : Angiosperm Module, Process Skills, Student Learning Achievement.