Pengelolaan program P5BK untuk meningkatkan citra lembaga melalui proyek Kebekerjaan (Studi Kasus SMK Kartika 1-2 Padang)
Management of the P5BK program to improve the image of the institution through the Employment project (Case Study of SMK Kartika 1-2 Padang)
ABSTRAK
Kurikulum merdeka merupakan gagasan baru dari Kemendikbud. Salah
satunya adalah di sekolah menengah kejurusan (SMK) dimana kurikulumnya
adalah P5BK (Proyek penguatan profil pelajar Pancasila Budaya Kerja) memiliki 9
tema yang menarik. Tim pengelolaan P5BK haruslah memahami 9 tema tersebut
yang dapat diaplikasikan dengan keadaan sekolahnya. Oleh karena itu tujuan dari
penelitian ini untuk menganilisis dan mendeskripsikan 1). Perencanaan, 2).
Pengorganisasian, 3).Pengarahan, 4).Pengkoordinasian, 5). Pengawasan terhadap
Pengelolaan P5BK untuk meningkatkan citra Lembaga melalui proyek
kebekerjaan. Tempat penelitian ini di SMK Kartika 1-2 Padang terletak di Jl.
Simpang Haru, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Smk ini memiliki 4 program
keahlian. Antara lain; 1. Akuntansi, 2. Pemasaran, 3. Administrasi Perkantoran, 4.
Teknik Komputer dan Jaringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan cara menelaah data secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah
Wakasek Kurikulum, Wakasek Humas, Koordinator P5BK, dan 2 Peserta didik.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Citra lembaga pada penelitian dilihat dari hasil akhir dari P5BK tema Kebekerjaan
sebagai bahan presentasi untuk mempromosikan SMK ini ke sekolah SMP yang
dituju.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan P5BK untuk meningkatkan
citra Lembaga melalui proyek kebekerjaan dikatakan berhasil karena sudah
memenuhi standar modul P5BK dan Kerjasama tim yang baik. Sehingga dapat
memberikan dampak yang baik citra Lembaga
Kata Kunci: Kurikulum merdeka, P5BK, Citra lembaga
ABSTRACT
The independent curriculum is a new idea from the Ministry of Education and
Culture. One of them is in vocational high schools (SMK) where the curriculum is
P5BK (Project for strengthening the profile of Pancasila Work Culture students)
which has 9 interesting themes. The P5BK management team must understand
these 9 themes which can be applied to the school situation. The place of this
research is at SMK Kartika 1-2 Padang located on Jl. Simpang Haru, Padang City,
West Sumatra Province. This vocational school has 4 skills programs. Among
others; 1. Accounting, 2. Marketing, 3. Office Administration, 4. Computer and
Network Engineering. This research uses a qualitative approach by analyzing data
descriptively. The subjects in this research were the Deputy Head of Curriculum,
the Deputy Head of Public Relations, the P5BK Coordinator, and 2 students. Data
collection techniques use interviews, observation and documentation. The image of
the institution in the research is seen from the final results of the P5BK with the
theme of Employment as presentation material to promote this vocational school to
the target junior high school.
The research results show that the management of P5BK to improve the image
of the Institution through work projects is said to be successful because it meets the
standards of the P5BK module and good teamwork. So that it can have a good
impact on the image of the institution
Keywords: Independent curriculum, P5BK, institutional image.