Penilitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui deskripsi orang tua terhadap interaksi sosial anak tunarungu dengan teman sebaya di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Data.tersebut.dianalisis dengan menggunakan reduksi.data dan data display dan keabsahan data dengan triangulasi.
Penelitian ini menunjukkan bagaimana deskripsi orang tua menanggapi interaksi sosial anak tunarungu dengan teman sebaya di lingkungan sekolah. Setiap anak memiliki perbedaan perkembangan dalam berinteraksi sosial baik tanpa.hambatan atau mengalami sedikit hambatan. Sehingga orang tua memberikan sikap agar anak-anak mereka tidak mengalami hambatan dan lancar saat berinteraksi sosial dengan teman sebayanya. Baik dalam segi penguasaan bahasa ataupun rasa percaya diri pada.anak tunarungu serta memberikan penjelasan untuk bekal anak saat bersama.teman sebayanya.
Kata kunci : Interaksi sosial, anak tunarungu, teman sebaya lingkungan sekolah
This research have the means for now descripts old fellow to interaction of social deaf child with friend coeval in school environment. This Research uses interview data collecting structured, observation and documentation. The data is analyzed by using reduction data and display data and data validity by triangulation.
This Research shows how descripts parents to answer interaction of social deaf child with friend coeval in school environment. Every child has growth difference in interacting social either without obstacles or experience of a few/little resistances. Until old fellow gave attitude in order to their children not experienced of resistance and fluent when interact social with friend coeval. Good in facet of language domination or self-confidence at deaf child and gave explanation was for stock of moment together child coeval.
Keyword : Social interaction, deaf child, friend coeval school environment