The Effect of Time Management on Economic Learning Outcomes for Class X SMA Labschool Unesa during Online Learning
Sistem pembelajaran daring merupakan tantangan baru bagi para guru maupun peserta didik di Indonesia. Untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal selama pembelajaran daring, peserta didik memerlukan manajemen waktu yang baik, dengan begitu peserta didik akan menghargai waktu dan memanfaatkan waktu sehingga hasil belajar akan sesuai dengan harapan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar peserta didik kelas X mata pelajaran ekonomi SMA Labschool Unesa dengan jumlah populasi sebanyak 91 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa (1) Manajemen waktu secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik (2) Manajemen waktu memiliki hubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar peserta didik (3) Manajemen waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X mata pelajaran ekonomi SMA Labschool Unesa.
The online learning system is a new challenge for teachers and students in Indonesia. To get maximum learning outcomes during online learning, students need good time management, so students will value time and take advantage of time so that learning outcomes will be in line with expectations.
This study aims to analyze the effect of time management on the learning outcomes of class X economic subjects at SMA Labschool Unesa with a total population of 91 students. The type of research used in this research is quantitative research. The data collection method used in this research is to use a questionnaire and the data analysis used in this research is to use simple linear regression analysis.
The results of this study state that (1) Time management partially affects student learning outcomes (2) Time management has a positive and significant relationship with student learning outcomes (3) Time management has a positive and significant effect on the learning outcomes of class X students in economics at SMA Labschool Unesa.