Permasalahan yang sering dijumpai disekolah adalah waktu untuk mengelola pembelajaran grammar dengan detail. Hal ini membuat pemahaman murid kedalam pembelajaran Bahasa inggris kurang efektif. Terutama dalam hal menulis, grammar sangat penting. Karena untuk membuat kalimat yang bagus, grammar dibutuhkan. Jika pemahaman murid tentang grammar rendah, maka kualitas dari hasil menulis mereka juga akan rendah.
Penelitian ini menggunakan metode Teaching Grammar in Context untuk meningkatkan grammar murid. Grammar bisa dijelaskan dengan menggunakan teks. Hal tersebut juga tergantung dari jenis teks yang sedang diajarkan kepada murid. Sebagai contoh, jika teksnya tentang biografi, maka grammar yang bisa diajarkan juga tidak jauh dari past-tense.
Berdasarkan hasil dari penelitian, metode ini menunjukan kualitas murid telah meningkat. Mereka bisa membuat kalimat dan teks yang bagus. Selain itu, pemahaman mereka untuk memahami materi-materi meningkat. Karena, ketika murid mengerti grammar, mereka juga semakin mudah untuk memahami materi-materi yang diberikan. Hal ini bisa disimpulkan bahwa tidak hanya kualitas menulis mereka meningkat, tapi juga pemahaman mereka terhadap materi-materi menjadi lebih baik.
Kata kunci : Teaching Grammar in Context, Kemampuan Menulis, Teks Biografi, Kemampuan Grammar
The issue that often seen in the school is the time management for teaching grammar in detail. This makes students’ comprehension to English language is not very efficient. Especially in writing, grammar is crucial. Because in order to make a good sentence, grammar is needed. If students’ comprehence in learning grammar is low, then the quality of their writing will also be low.
This study was using Teaching Grammar in Context as a method to improve students grammar. With using text, the grammar can be explained. It also depended on what kind of text that was currently taugh to the students. For example, if the text was about biography text, then the grammar that can be taugh would be past-tense.
Based on the result, the method showed that the quality of students’ writing improved. They were able to make a good sentence and text. Other than that, their comprehence in understanding the materials improved. Because, when the students’ understand the grammar they also understand the material better. This can be concluded that not only their quality in writing improved, but also their comprehence of the material becomes better.
Keywords : Teaching Grammar in Context, Writing skills, Biography Text, Grammar Ability