Analisa Perbandingan Pengguna Aplikasi TikTok dan Snack Video Menggunakan Metode UTAUT dan EUCS
Comparison Analysis of Tiktok Application Users with Snack Video Using UTAUT and EUCS Method
Kesuksesan penggunaan aplikasi tidak terlepas dari kepuasan dan penerimaan teknologi diantara penggunanya. Akan tetapi tidak dipungkiri apabila terdapat celah kegagalan terhadap penggunaan aplikasi tersebut. Hal ini menarik peneliti untuk memahami dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan dan kegagalan pengguna dari aplikasi TikTok dan Snack Video. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berfokus pada pengukuran data statistika untuk menjawab rumusan masalah. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai media untuk mengumpulkan data dari responden. Penyusunan kuesioner diambil dari hipotesis yang dilakukan oleh peneliti terhadap metode UTAUT dan EUCS yang akan diterapkan pada aplikasi TikTok dan Snack Video. Penyusunan kuesioner menghasilkan 28 indikator dengan pengolahan data statistik menggunakan SmartPLS. Dari penelitian ini menghasilkan 7 hipotesis diterima dari aplikasi TikTok karena nilai P-Value <0.05. Variabel tersebut antara lain variabel Acurracy, Content, Ease of Use, Format, dan Timeliness yang berpengaruh secara signifikan terhadap User Satisfaction serta variabel Effort Expectancy dan User Satisfaction berpengaruh positif terhadap Behavior Intention. Sedangkan aplikasi Snack Video menghasilkan 3 hipotesis diterima yaitu variabel Performance Expectancy dan User Satisfaction berpengaruh secara signifikan terhadap Behavior Intention serta Ease of Use berpengaruh secara signifikan terhadap User Satisfaction.
The success of using the application cannot be separated from the satisfaction and acceptance of technology among its users. However, it is undeniable that there is a gap in failure to use the application. It is interesting for researchers to understand and identify the factors that influence the success and failure of users of the TikTok and Snack Video applications. This type of research is a quantitative research that focuses on measuring statistical data to answer the formulation of the problem. This study uses a questionnaire as a medium to collect data from respondents. The preparation of the questionnaire was taken from the hypothesis made by the researcher on the UTAUT and EUCS methods which will be applied to the TikTok and Snack Video applications. The preparation of the questionnaire resulted in 28 indicators by processing statistical data using SmartPLS. From this study, 7 hypotheses were accepted from the TikTok application because the P-Value <0.05.variables include Acurracy, Content, Ease of Use, Format, and Timeliness which have a significant effect on User Satisfaction variables Effort Expectancy and User Satisfaction have a positive effect on Behavior Intention. While the Snack Video application produces 3 accepted hypotheses, namely Performance Expectancy and User Satisfaction have a significant effect on Behavior Intention and Ease of Use has a significant effect on User Satisfaction.