ABSTRAK
Suwandari, Suida. 2019. Penerapan Discovery Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd., dan (II) Dr. Wahono Widodo, M.Si.
Kata Kunci: pembelajaran discovery learning, keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan berpikir kreatif
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning dan menguji pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitan eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sidotopo II/49 Surabaya. Teknik pengumpulan data melalui lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan tes evaluasi kemampuan berpikir kreatif. Sebelum dilakukan analisis data penelitian, peneliti melakukan analisis uji coba instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Data penelitian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning memperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 88,3% dan skor tersebut termasuk dalam kriteria sangat baik. Kedua, metode discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif, hal ini berdasarkan nilai hasil belajar nilai thitung sebesar 7,549 (7,549>1,997) dan dan hasil sig. 2 tailed senilai 0,000 (0,000<0,05). Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa metode discovery learning secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan keterlaksanaan selama proses pembelajaran berjalan sangat baik
ABSTRACT
Suwandari, Suida. 2019. The Application of Discovery Learning Methods to the Creative Thinking Skills of Fifth Grade Students Elementary School. Tesis. Study Program Pendidikan Dasar, Postgraduate Statet University of Surabaya. Advisor: (I) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd. and (II) Dr. Wahono Widodo, M.Si.
Keywords: discovery learning, learning outcomes, creative thing skill
This research aimed to describe the learning outcomes by using the methods of discovery learning and examine the effect of discovery learning methods to creative thinking skill elementary school fifth grade students. This research is an experimental research design with pretest posttest control group design. The subjects were students of class fifth grade SDN Sidotopo II/49 Surabaya. The technique of collecting data through observation sheet learning outcomes and evaluation tests of creative thinking skill. Before analyzing the research data, researcher conducted an instrument trial analysis using validity and reliability test. Data were analyzed using normality test, homogeneity and hypothesis testing using t test. The results showed that: First, learning outcomes by using discovery learning methods obtain an average yield of 88,3% and the percentage of these scores are included in the criteria very well. Second, discovery learning methods effect on creative thinking skill, it is based on the value of learning outcomes tcount of 7.549 (7.549>1.997) and and the results sig. 2 tailed worth 0.015 (0.000 <0.05). Based on observations and data analysis, it can be concluded that the discovery learning methods can significantly improve the creative thinking skill students and excellent learning outcomes.